Coklit Empat Desa di Kepahiang Tuntas

Ist/BE
Petugas PPDP melakukan coklit ke rumah warga guna memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih.

KEPAHIANG, bengkulu ekspress.com – Sebanyak empat desa di Kabupaten Kepahiang sudah menuntaskan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih. Yakni Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang dengan jumlah pemilih sebanyak 231 orang, Kecamatan Bermani Ilir Desa Pagar Agung dengan masing-masing pemilih di TPS 1 239 orang dan TPS 2 269 orang. Kemudian Kecamatan Merigi Desa Batu Ampar 400 pemilih. Terakhir Desa Suro Lembak kecamatan Ujan Mas TPS 1 274 orang dan TPS 2 233 pemilih.

Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi MPd menjelaskan, proses coklit oleh PPD masih berlangsung hingga 13 Agustus mendatang. Data sementara hasil coklit diketahui banyak tambahan pemilih baru yang datanya baru diketahui saat PPDP melakukan pemeriksaan (Coklit) dilapangan.
“Ya ada tambahan pemilih baru, mereka ini memang warga baru di Kabupaten Kepahiang,” tegas Supran.
Dilanjutkan Supran, petugas PPDP turun di lapangan secara maksimal supaya tahapan coklit selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal tahapan. “Untuk sementara sudah ada 6 TPS yang coklitnya tuntas seratus persen,” ungkapnya.

Menurutnya, coklit dilakukan PPDP dengan mengunjungi rumah-rumah warga sesuai dengan daftar calon pemilih yang diserahkan KPU RI ke KPU Kabupaten Kepahiang. Daftar tersebut dicek secara keseluruhan mengenai keabsahannya di lapangan.
Data hadil colkit nantinya akan ditetapkan KPU sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang kemudian akan terus dilakukan perbaikan hingga akhirnya jadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Supaya bisa memberikan suara dalam memilih calon gubernur wakil gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati nantinya. (320)