Coklit Data Pemilih, PPDP Temukan Empat Hal

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Memasuki akhir bulan Juli proses mencoklit yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Kaur. PPDP mememukan beberapa temuan baru yang menjadi catatan khusus untuk disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) selanjutnya diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dilakukan rekap data ulang oleh KPU Kaur.

Beberapa temuan itu yakni adanya ditemukan data warga yangs udah meninggal dunia namun masih masuk dalam daftar, warga pindah domisili hingga da tang sudah cukup umur namun belum juga masuk dalam daftar pemilih. Dan terakhir ditemukan perbedaan NIK antara pemilih dengan data yang ada di KPU.

“Ada empat temuan yang ada di lapangan sata dilakukan coklat, yakni pemilih sudah meninggal, pemilih baru belum terdaftar, pemilih pindah dan terakhir pemilih yang datanya tak sama seperti NIK dan yang lainnya,” ujar Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto SE, kemarin (27/7).

Ditambahkan Meixxy, terkait dengan temuan ini pihaknya akan mensingkronkan data terlebih dahulu sebelum di finalkan berapa nanti ada perubahan dari data yang ada sebelumnya. Sebab saat ini sedangg dilakukan proses coklat. Namun hasil monitoring yang dilakukan ada perubahan data antara 5-20an pemilih dalam satu desa. Belum lagi data pemilih yang tidka valid yang jug akan dilakukan perbaikan.

“Kita target Coklit selesai tepat waktu, anggota kita PPDP yang dilapangan sudah kita ingatkan untuk teliti dalam pencoklitan jangan sampai ada tercecer,” tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*