Coki Senang Suasana Baru

 Dua Kapolres Diganti

Kapolda
SIAP BERTUGAS: Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung (tiga kiri) didampingi pejabat FKPD Provinsi Bengkulu disambut oleh perwira jajaran Polda Bengkulu saat tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu, Senin (8/5). (Foto RIO/BE).

BENGKULU, BE – Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Coki Manurung SH MHum yang menggantikan Kombes Pol Drs Yovianes Mahar, kemarin (8/5), sekitar pukul 09.30 WIB tiba di Bumi Rafflesia yaitu Kota Bengkulu.

Ketika turun dari pesawat Garuda di Bandara Fatmawati Bengkulu, Kapolda langsung disambut oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Dr drh H Rohidin Mersyah MMA, Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Dr Agus Kurniady Sutisna, bersama unsur pimpinan Polda Bengkulu, TNI Angkatan Darat dan Laut, Aspidum Kejati Bengkulu, ibu-ibu Bhayangkari serta seluruh Kapolres se Provinsi Bengkulu. Setibanya di depan gerbang VIP bandara, Kapolda Bengkulu disambut dengan tarian khas Bengkulu.

Kepada wartawan, Brigjen Pol Coki Manurung SH MHum menyebutkan, sangat senang dengan suasana baru di Bengkulu, selain wilayahnya yang tenang, damai dan kondusif serta tentram, masyarakatnya juga ramah-ramah dan murah senyum.

“Saya senang bisa berada di Bengkulu, semoga dengan kepemimpinan saya sebagai Kapolda Bengkulu yang baru bisa membawa Bengkulu ke arah yang lebih baik lagi,” terangnya kemarin (8/5).

Selain itu, ia menyebutkan, dalam menjabat Kapolda Bengkulu yang baru ini ia akan meneruskan semua program kerja Kapolda Bengkulu yang lama dan ia juga akan membuat suatu program kerja yang baru nantinya setelah berkoordinasi dengan petinggi Polda lainnya.

“Yang jelas prioritas kita menyelesaikan program kerja Kapolda Bengkulu yang lama dan untuk program kerja Polda yang baru masih kita rancang lagi,” ucapnya.

Brigjen Pol Coki Manurung merupakan pria kelahiran 10 Februari 1961, dan lulusan Akpol tahun 1986. Tahun 2005, Coki Manurung menjabat Kapolres Bojonegoro, Jawa Timur, tahun 2007 promosi menjadi Direktur Narkoba Polda Jatim (Pangkat jadi Kombes Pol). Kemudian 2008 menjabat Kabag UM Rorenmin Bareskrim Polri.

Lalu, 25 Agustus 2010, dipercaya menjadi Kapolrestabes Surabaya menggantikan Kombes Pol Ikke Edwin. Saat itu Kapolda Jatim juga berganti dari Irjen Pol Pratiknyo kepada Irjen Pol Drs Badrodin Haiti (mantan Kapolri).

10 Februari 2012 Kombes Coki Manurung ditarik ke Jakarta untuk mengikuti Lemhanas, dan 3 September 2015 Kombes Pol Coki Manurung dimutasi Kabagjianjemenkam jadi Pamen Bareskrim (Penugasan pada BNN).

Selanjutnya, 20 Oktober 2015 pangkat Coki Manurung naik dari Kombes menjadi Brigjen dengan jabatan Direktur Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN). Kemudian terbaru, saat ini menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.

Dua Kapolres Diganti

Sementara itu, jabatan atau perwira dijajaran Kepolisian Polda Bengkulu kembali terjadi, hal tersebut berdasarkan surat telegram yang dikeluarkan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian yaitu dengan nomor ST/1225/V/2017 tertanggal 7 Mei 2017 yang lalu. Berdasarkan TR tersebutlah setidaknya ada 2 Kapolres yang akan meninggalkan jabatan lama dan menduduki jabatan baru yaitu Kapolres Lebong dan Kapolres Kaur.

Berdasarkan data yang diperoleh BE, Kapolres Kaur yang sebelumnya dipimpin oleh AKBP Bambang Purwanto SIK ditarik dalam jabatan baru yaitu sebagai Irbidbin Irwasda Polda Bengkulu dan Kapolres Lebong yang sebelumnya dipimpin AKBP Zainul Arifin SE akan menduduki jabatan baru sebagai Kasubag Latopsnal Bagrenopsnal Bareskrim Polri.

Sedangkan Kapolres Kaur akan diisi oleh AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagdalpers Rosdm Polda Bengkulu dan Kapolres Lebong akan diisi oleh AKBP Andree Ghama Putra SH SIK yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Bengkulu.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH mengatakan, pergeseran di tubuh Polri memang sering terjadi seperti yang dilakukan Polda Bengkulu. Disamping untuk memberikan penyegaran bagi para pelaksana tugas pembinaan maupun operasional, juga sebagai bentuk investasi Organisasi yang sangat penting.

“Kehadiran pejabat baru, harus dipandang sebagai bagian integral yang menjadi tanda semakin mantapnya tatanan manajerial sumber daya manusia polri,” terangnya, kemarin (8/5).

Ia menambahkan, jabatan merupakan suatu amanah dari Tuhan yang maha Esa, serta kepercayaan dari pimpinan Polri, dalam melaksanakan tugas barunya. “Segera tingkatkan kinerja masing-masing, dengan tetap mengacu kepada program revitalisasi Polri. Sebagaimana telah diimplementasikan di semua sentral pelayanan kepolisian, sehingga kehadiran Polri benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Ia berpesan kepada pejabat yang baru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya sehingga dapat bekerja untuk bersama-sama membangun Polri di Wilayah Polda Bengkulu sehingga bisa lebih berjaya lagi dan lebih bangkit lagi guna menciptakan keamanan bagi masyarakatnya nanti. “Kita yakin setiap anggota yang mendapatkan mutasi atau roling jabatan akan menerima semuanya karena ini merupakan perintah tugas dan hal tersebut dilakukan setiap tahunnya,” tuturnya.

Sementara itu, mengenai kapan akan dilakukannya sertijab, ia menyebutkan kemungkinan sesudah sertijab Kapolda baru bisa dilakukan. “Yang jelas TR nya sudah dikeluarkan, untuk masalah sertijabnya kita serahkan ke Kapolda Bengkulu Ciki Manurung SH MHum,” tutup Sudarno. (529)