CJH Periksa Kesehatan


APRIZAL/Bengkulu EkspressPara calon jemaah haji Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti tes kesehatan di halaman Dinkes Bengkulu Utara, kemarin (1/4).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Kesehataan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara melakukan tes kebugaran bagi calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkulu Utara.  Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Bengkulu Utara tersebut diikuti 202 orang CJH Kabupaten Bengkulu Utara.

Ketika ditemui di sela-sela kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara Syamsul Maarif mengatakan, kegiatan ini merupakan dalam rangka persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun 2019, dimana Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu memfasilitasi masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan uji kebugaran terhadap 202 orang calon jamaah haji Kabupaten Bengkulu Utara.

“Ya untuk kegiatan ini sebnayak 202 orang calon jemaah haji melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengujukuran kebugaran,” kata Syamsul.



Syamsul menambahkan, adapun pemeriksaan yang dilakukan yakni pengukuran kebugaraan dengan mengambil darah para calon jamaah haji sebagai pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolestrol, setelah sebelumnya pengecekan tensi / tekanan darah. “Pemeriksaan ini dilaksanakan agar dapat memastikan kondisi para calon jemaah haji dalam keadaan sehat, dan dapat melaksanakan haji di tanah suci dengan lancar dan baik,” ujarnya.

Syamsul menerangkan, setelah calon jamaah haji memeriksa tensi darah, kolestrol, dan gula darah, maka para calon jemaah haji melakukan senam dan berjalan cepat atau berlari kecil sebanyak 15 putaran atau sejauh 1,6 Km secara bersama-sama yang dipimpin oleh petugas kesehatan. “Tes kesehatan dilakukan untuk menunjang kebugaran tubuh dalam rangka mempersiapkan kegiatan ibadah haji nantinya.

Pasalnya, rangkaian ibadah yang memerlukan kesehatan, kebugaran tubuh disamping kesiapan finansial dan mental serta kesiapan pengetahuan dan pemahaman mengenai rangkaian ibadah. Semoga para calon jamaah haji ini pada saat melaksanakan ibadah haji, tidak terjadi kendala kesehatan yang fatal di tanah suci Mekkah nanti,” tukasnya.(127)