CJH Diminta Jaga Fisik dan Mental

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Manasik haji sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji. Hal ini disampaikan Sekda Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi saat menghadiri sekaligus membuka manasik haji di Masjid Agung Al-Kahfi Kota Bintuhan, Kamis (23/1) pagi.

“Dengan manasik ini saya minta kepada jamaah agar digunakan dengan sebaik-baiknya, bagi para calon jamaah haji, jangan malu bertanya jika ada hal-hal yang kurang jelas ,” kata Sekda dalam sambutannya, kemarin (23/1).

Dikatakan Sekda, ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Kaur yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Oleh karena itu, sambung Sekda, kepada para jamaah yang tahun ini sudah mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, agar dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik persiapan fisik maupun mental.

“Persiapkan fisik dan mental, serta ilmu tentang pemahaman bagaimana cara pelaksanaan haji yang benar. Sebab hanya dengan cara demikian, para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam,” terangnya.

Ditambahkannya, manasik haji merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitas ibadah haji. Hal ini dimaksudkan untuk menambah bekal bagi para jamaah terutama yang menyangkut masalah syarat, rukun dan tata cara beribadah haji yang benar sesuai syariat Islam. “Manasik haji merupakan bimbingan dan pengenalan tata cara menunaikan ibadah haji dan juga merupakan sarana untuk menambah pengetahuan bagi CJH,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur Drs. H. Zainal Abidin, MH juga menyampaikan, untuk jamaah haji Kabupaten Kaur tahun ini berjumlah 108 orang. Menurut Zainal kegiatan manasik haji untuk tingkat Kabupaten Kaur tahun 2020 ini adalalah tahap pertama yang diselengarakan Pemda Kaur bekerjasama dengan Kemenang Kaur.

Manasik sendiri digelar sebanyak 9 kali mulai 23 Januari hingga 18 Juni 2020 mendatang. “Manasik ini gelar Pemda bersama Kemenag, dan untuk tahun ini kuota CJH kita normal. InsyaAllah awal Agustus mendatang mereka sudah berangkat ke tanah suci, dan untuk persiapan paspor CJH sudah 80 persen memiliki paspor,” jelasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*