CJH Diberangkatkan 26 Juli

MANASIK - Kabid Haji Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu saat memberikan penjelasan mengenai teknis keberangkatan CJH nanti
Bakti/Bengkulu Ekspress
MANASIK HAJI: Kabid Haji Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu saat memberikan penjelasan mengenai teknis keberangkatan CJH, kemarin.

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress– Jika tidak ada aral melintang, calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan dberangkatkan pada tanggal 26 Juli 2018 mendatang. Pada hari itu, rombongan CJH akan diberangkatkan ke asrama haji Provinsi Bengkulu dan masuk ke embarkasi Padang pada keesokan harinya, yakni pada tanggal 27 Juli.

“Sesuai jadwal, CJH Benteng sudah masuk ke asrama haji pada tanggal 26 Juli,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Benteng, DR Rusman Saleh MPd, kemarin (3/7).

Mempersiapkan hal itu, kata Rusman, saat ini Kemenag Kabupaten Benteng sedang mengadakan kegiatan manasik haji, yakni pada tanggal 3-4 Juli 2018 di aula kantor Kemenag Kabupaten Benteng. “Kemenag Benteng mengadakan manasik haji sebanyak 2 kali. Melalui kesempatan itu, seluruh CJH akan mendapatkan bimbingan dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Benteng serta pihak BPJS,” jelasnya.

Selain bimbingan secara teori, Rusman mengatakan bahwa para CJH juga akan mendapatkan bimbingan teknis pelaksanaan haji secara detail. Manasik haji tersebut dilaksanaan di Masjid Al-Muttakin Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng pada tanggal 5-12 Juli 2018.

“CJH juga akan diajarkan mengenai tata cara beribadah haji di tanah suci Makkah nantinya. Manasik haji ini akan dipandu langsung oleh para Kyai, Ustadz dan perwakilan dari Kemenag Kabupaten Benteng serta Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu,” tandasnya.

Jika pada tahun 2017 lalu para CJH Kabupaten Benteng akan tergabung dalam CJH asal Kabupaten Lebong, pada tahun 2018 ini 92 orang CJH Benteng akan berangkat bersama para jemaah yang berasal dari Padang. “Saat ini, pembagian kelompok terbang (kloter) sudah selesai. CJH Benteng akan tergabung kedalam kloter 10 bersama CJH asal Padang. Agar keberangkatan bisa dilakukan sesuai harapan, kami mengimbau kepada seluruh CJH untuk menjaga kesehatan,” imbau Rusman.(135)