CJH Diberangkatkan 10 Juli

Bakti/Bengkulu EkspressKasi PHU Kemenag Benteng, Dr Rusman Saleh MPd (berdiri) saat mengingatkan jadwal keberangkatan kepada CJH di sela-sela manasik haji di Masjid Desa Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi, kemarin (3/7)

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sesuai dengan jadwal terbaru, keberangkatan calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dipercepat.  Sebanyak 92 orang CJH asal Kabupaten Benteng mulai diberangkatkan pada tanggal 10 Juli 2019.Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng, Drs Sipuan SAg melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Dr Rusman Saleh MPd mengimbau kepada seluruh CJH untuk tak terlambat.

Semua CJH akan dikumpulkan terlebih dahulu ke kantor Bupati Benteng dan diberangkatkan secara bersama-sama.
Para CJH bertolak dari kantor Bupati Benteng Desa Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi menuju Asrama Haji Antara Bengkulu dengan menggunakan 3 (tiga) unit bus yang telah disiapkan Pemda Benteng. Sedangkan, untuk CJH tambahan akan diberangkatkan pada tanggal 16 Juli 2019.



“Pada pukul 17.00 WIB, semua CJH sudah berada di Asrama Haji. Sebab itulah, kami mengimbau kepada para CJH untuk sudah standby di kantor Bupati Benteng setelah salat ashar,” kata Rusman.

Sebelum hari H keberangkatan, papar Rusman, berbagai persiapan telah dimatangkan. Dimulai dari visa, paspor hingga kesiapan rohani para CJH yang telah dimatangkan dalam beberapa kali kegiatan manasik haji. Baik manasik yang diselenggarakan oleh kantor Kemenag, Pemda Benteng maupun manasik mandiri.

“Para CJH akan dilepas secara simbolis oleh Bupati Benteng di halaman kantor Bupati pada tanggal 9 Juli atau sehari sebelum keberangkatan. Teknis penyelenggaraannya itu dilakukan oleh Bagian Kesra Setda Pemkab Benteng,” terang Rusman.

Selain kegiatan manasik dan kelengkapan dokumen, Rusman juga mengingatkan bahwa koper CJH sudah harus disampaikan ke kantor Kemenag Kabupaten Benteng pada tanggal 4 Juli 2019. Sedangkan, untuk pendistribusiannya ke tanah suci Makkah Arab, Saudi itu nanti akan difasilitasi oleh Kemenag Kabupaten Benteng.”Besok, semua CJH harus mengantarkan koper ke kantor Kemenag Benteng. Cukup ditempel foto dan diberi nama. Untuk berat, isi koper dibatasi 32 kilogram (Kg),” tegas Rusman.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*