CJH Berangkat 12 Juli

BAKTI/Bengkulu EkspressĀ Para CJH tambahan saat mengikuti rekam biometri, kemarin.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah, Arab Saudi pada tanggal 12 Juli 2019 mendatang. “Jika tak ada perubahan, CJH asal Kabupaten Benteng tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama bersama CJH asal Kota Bengkulu,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Benteng, H Sipuan SAg melalui Kasubag Tata Usaha (TU), Rizal SPd MPdI, kemarin (12/6).

Berdasarkan surat keputusan Gubernur Bengkulu nomor E.234.B1 tahun 2019 tentang perubahan atas keputusan Gubernur Bengkulu nomor P.107.B.1 tahun 2019 tentang penetapan kuota haji Provinsi Bengkulu, terdapat penambahan kuota di Provinsi Bengkulu sebanyak 1.940 orang jemaah.



Khusus untuk Kabupaten Benteng dapat penambahan dari sebelumnya 92 orang menjadi 109 orang. “Tahun 2019 ini, kuota CJH untuk Kabupaten Benteng mendapat jatah penambahan sebanyak 17 orang. Kami prioritaskan para lanjut usia (lansia) dan daftar antrean (waiting list) pendaftaran CJH,” terang Rizal.

Khusus CJH tambahan, imbuhnya, semua tahapan seperti 92 orang CJH awal juga harus dilalui. Mulai dari pelunasan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH), pembuatan visa dan paspor hingga pemeriksaan kesehatan. “Semoga tak ada halangan dan bisa menjaga kesehatan sampai hari keberangkatan tiba,” imbaunya.

Agar para CJH bisa menunaikan ibadah suci secara khidmad dan lancar, Rizal mengatakan, seluruh CJH diimbau untuk mengikuti kegiatan manasik haji untuk terakhir kalinya. Yakni, di masjid Al-Mujahidin Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Kamis (13/6) pagi ini.

“Secara keseluruhan, para CJH sudah mikuti manasik haji bersama para pembimbing khusus di KBIH Kabupaten Benteng. Akan tetapi, Kemenag Kabupaten Benteng juga akan mengadakan kegiatan manasik haji secara khusus. Sehingga, para CJH bisa melaksanakan semua rukun-rukun haji selama di tanah suci nantinya,” demikian Rizal.(135)