Cita-Cita BAHU

Pemerintahan Yang Bersih dan Terbebas dari Korupsi

Seperti dimaklumi bersama, kondisi Kota Bengkulu dari sisi pemerintahan masih memerlukan pembenahan di sana-sini. Memang roda pemerintahan telah berjalan, tetapi kualitas berjalannya pemerintahan tersebut masih perlu ditingkatkan. Kita harus jujur dan berani mengatakan bahwa masih ditemukan kekurangan-kekurangan pada kualitas pelayanan Pemerintahan Kota Bengkulu kepada masyarakatnya saat ini.
Guna mencapai kondisi Kota Bengkulu yang Maju, Mandiri dan Sejahtera, pencanangan cita-cita bersama adalah hal yang harus dimantapkan. Pelaksanaan cita-cita juga harus memperhatikan keinginan masyarakat yang sebenarnya tidak berbelit-belit yaitu : proses administrasi yang mudah dan murah, pelayanan yang ramah dan bersahabat, fasilitas infrastruktur dan suprastruktur yang memadai, serta adanya jiwa kepemimpinan yang mengayomi, amanah dan tidak korup.
Sebagai warga yang siap berkarya dan berbakti untuk Kota Bengkulu, penyampaian cita-cita ini penting kami lakukan untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Kami menyadari, tanpa adanya pemahaman yang sama tentang arah dan tujuan yang ingin kita raih kedepan, tentu sulit bagi kita untuk berkerjasama, bersatupadu dan berbagi tugas dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan ; masyarakat adil dan makmur.

Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan
Dalam banyak kesempatan, keluhan masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah yang tidak professional dan tidak terukur tetap saja marak dan beragam. Hal ini tidak bisa dianggap sesuatu yang biasa dan akan redam dengan sendirinya. Diperlukan langkah yang tepat dan mengakar untuk merealisasikan semboyan pemerintah sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.
Penempatan birokrat untuk menempati posisi yang sesuai dengan kemapuan dan kepangkatannya adalah hal yang tidak bisa ditawar. Jalur birokrasi yang panjang dan berbelit harus dipangkas seefektif mungkin. Aparatur pemerintahpun harus ditingkatkan kedisiplinan waktu kerja dan mutu pelayanannya. Tidak ada jual beli jabatan. Tidak ada pula istilah pembuangan bagi para aparatur. Semuanya harus bekerja dan melayani masyarakat dengan baik.

Perbaikan dan Peningkatan Infrastruktur
Baiknya infrastruktur suatu daerah adalah potret besar yang dengan cepat bisa dinilai orang sebagai daerah yang maju dan berkembang. Bahkan kondisi infrastruktur suatu daerah adalah cerminan nyata tentang baik tidaknya pemerintahan suatu daerah ; baik infrastruktur, baik pula pemerintahannya, demikian pula sebaliknya.
Melihat kondisi infrastruktur Kota Bengkulu, akan didapati perkerjaan besar yang harus dituntaskan. Disamping untuk menciptakan potret indah bagi perwajahan kota, pembangunan infrastruktur yang baik adalah gebrakan dan jawaban harapan yang selalu ditunggu oleh masyarakat.
Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur yang meliputi infrastruktur jalan, saluran drainase lingkungan, menjamin ketersediaan air bersih, penataan ulang pasar tradisional yang bersih dan kondusif, serta penataan tempat berniaga dilokasi pariwisata strategis adalah prioritas yang mutlak harus dilaksanakan.

Peningkatan Mutu dan Pelayanan Pendidikan
Kita tentu sudah mengetahui bahwa biaya pendidikan program wajib belajar (meliputi SD, SMP dan SMU) telah ditanggung oleh pemerintah. Tetapi kita juga tahu bahwa permasalahan pendidikan tidak berhenti hanya pada masalah biaya. Masalah manajemen pendidikan, masalah mutu pendidikan dan kemudahan akses terhadap dunia pendidikan tetap harus menjadi perhatian guna tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri.
Biaya masuk sekolah harus mampu kita minimalkan. Bahkan harus ada subsidi untuk biaya masuk sekolah bagi siswa kurang mampu. Persyaratan masuk sekolah yang banyak dan ribet harus juga menjadi perhatian. Apalagi mengenai persyaratan yang mengedepankan kekhususan untuk masuk sekolah tertentu, yang hanya menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat. Semua ini harus dicarikan jalan keluar yang adil dan simpel.

Peningkatan Mutu dan Pelayanan Kesehatan
Peningkatan pelayanan, mutu dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat Kota Bengkulu adalah agenda kerja yang terus ingin kami lakukan. Kami sangat menyadari bahwa masalah kesehatan merupakan masalah prinsif yang penanggulangan dan penanganannya harus dilakukan secara cepat, cermat dan terjangkau.
Oleh karena itu kami sangat ingin, fasilitas kesehatan yang lengkap, pelayanan kesehatan yang baik dan biaya kesehatan yang terjangkau hadir ditengah masyarakat Kota Bengkulu dari tingkatan yang paling bawah.

Pembangunan Ekonomi
Kita patut bersyukur, akhir-akhir ini geliat ekonomi masyarakat di Kota Bengkulu sudah semakin bergairah. Distribusi dan konsumsi barang dan jasa terus meningkat dalam angka yang cukup signifikan. Pusat perbelanjaan, perumahan, serta berbagai macam produk jasa semakin tumbuh subur dan berkembang. Singkatnya, Kota Bengkulu mulai mengarahkan dirinya pada system ekonomi pasar yang modern dan terbuka.
Kendati demikian, kita harus tetap waspada jangan sampai perkembangan ekonomi modern tersebut justru meninggalkan potensi ekonomi masyarakat local. Jangan sampai produk barang dan jasa karya masyarakat local tidak didorong pertumbuhannya. Dukungan dan kebijakan pemerintah daerah menjadi sangat penting agar geliat ekonomi masyarakat local juga mampu bersaing dan ikut berkembang sepertihalnya kegiatan ekonomi modern.(prw)