Chicarito Bawa MU Ungguli Newcastle, 4-3

javier hernandesJavier Hernandez menjadi pahlawan kemenangan Manchester United (MU).  Golnya di menit ke-90, membawa MU mengungguli Newcastle United, 4-3  dalam lanjutan Premier League di Old Trafford, Rabu (26/12). Kemenangan ini membawa MU menjauhi seteru satu kotanya, Manchester City, yang pada laga lainnya kalah dari Sunderland 1-0.  Dengan demikian, MU unggul 7 point, dengan total point 46. Sedang City tetap di 39 point.

Tiga gol tim tamu dicetak James Perch, satu gol bunuh diri Jonny Evans dan Papiss Demba Cisse.  Sementara MU menang setelah 4 pemainnya yakni Jonny  Evans, Evra, Robin van Versie dan Javier Hernandez alias Chicarito.

Pertandingan dimulai dengan tempo lambat. Laga baru berjalan empat menit, pendukung tuan rumah dikejutkan oleh gol yang dicetak Perch. Berawal dari kesalahan Micahel Carrick dalam mengontrol bola, Demba Ba mencurinya dan kemudian melepaskan tembakan keras ke gawang MU. Kiper David De Gea mampu menepis bola, namun bergulir ke arah Perch yang langsung menyosor bola itu untuk menceploskannya ke dalam gawang.

Tertinggal, MU berusaha bangkit. Namun, barisan pertahanan tim tamu cukup rapat dan tampil disiplin mengawal setiap pergerakan lawan-lawannya. Sementara, Newcastle, yang lebih banyak mengandalkan serangan balik, masih mampu menciptakan beberapa peluang emas di depan gawang tuan rumah.

Pada menit ke-25, MU berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Jonny Evans. Gol tersebut ia torehkan setelah memanfaatkan tepisan tidak sempurna kiper Newcastle, Tim Krul, saat menahan bola tendangan Javier Hernandez.

Namun, kedudukan itu tidak bertahan lama. Empat menit berselang, Evans melakukan gol bunuh diri sehingga membuat Newcastle kembali unggul 2-1. Gol tersebut sempat dianulir hakim garis. Namun, setelah berdiskusi dengan ofisial pertandingan, wasit akhirnya mengesahkan gol tersebut untuk tim tamu.

Newcastle kembali mendapatkan peluang emas untuk menambah gol pada menit ke-39. Sayang, bola tendangan Sylvain Marveaux masih membentur mistar gawang Setan Merah dan skor 2-1 untuk tim tamu pun tidak berubah hingga akhir babak pertama.

Gol penyeimbang berhasil dilesakkan oleh Patrick Evra.  Setelah menghindar dari tempelan lawan, Evra melepaskan tendangan keras ke gawang Newcastel.  Tim Krul sudah mencoba berjibaku menepis bola, namun laju bola begitu keras dan akhirnya masuk ke sudut kiri gawang yang ia jaga. Gol itu tercipta di menit ke 58.

Papiss Demba Cisse mencetak gol ketiga bagi Newcastle di menit ke-67.  Sedang van Persie menyamakan kedudukan di menit ke-70. Kedudukan 3-3 masih bertahan hingga menit ke-77.

Setelah berkali-kali gagal, akhirnya pemain MU asal Meksiko, Javier Hernandez mencetak gol di menit ke-90. Gol ini berawal dari Carrick yang melepaskan umpan lambung ke kotak penalti, Hernandez dengan tekelnya menyambut umpan tersebut melewati Krul yang maju untuk menghalau bola. Gol Hernandez ini membawa United unggul, 4-3.

Kedudukan 4-3 ini bertahan hingga akhir pertandingan.(**)

Susunan Pemain:
Man Utd:
1-David De Gea, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand, 6-Jonathan Evans, 12-Chris Smalling, 7-Antonio Valencia, 11-Ryan Giggs, 16-Michael Carrick, 22-Paul Scholes, 14-Javier Hernandez, 20-Robin Van Persie.

Newcastle: 1-Tim Krul, 2-Fabricio Coloccini, 3-Davide Santon, 5-Danny Simpson, 6-Michael Williamson, 8-Vurnon Anita, 14-James Perch, 20-Gael Bigirimana, 22-Sylvain Marveaux, 9-Papiss Demba Cisse, 19-Demba Ba.