Cetak e-KTP Dikebut

APRIZAL/Bengkulu Ekspress Kepala Disdukcapil Bengkulu Utara, Juhirjo SH MM memantau proses perekaman dan pencetakan e-KTP.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menargetkan 2.600 keping e-KTP yang siap cetak atau Print Ready Record (PRR) selesai Sabtu lalu (2/3), namun tidak tercapai. Hal tersebut bukan dikarenakan rusaknya jaringan, tetapi ada penambahan jumlah 1.436 e-KTP yang diterima oleh pihak Disdukcapil Bengkulu Utara yang melakukan perekaman e-KTP.

“Ya seharusnya target kita selesai Sabtu (2/3), namun dengan adanya penambahan sebanyak 1.436 keping lagi e-KTP lagi, jadi belum bisa tercapai,” kata Kepala Disdukcapil Bengkulu Utara, Juhirjo SH MM.

Juhirjo menambahkan, meskipun sudah ada penambahan mesin cetak yang diterima dari Disdukcapil Provinsi Bengkulu, namun pencetakan belum juga bisa dituntaskan. Sebab penambahan ini cukup banyak. Ia memastikan bahwa untuk proses pencetakan e-KTP ini akan selesai secepatnya yakni pada hari ini (4/3).



“Dari jumlah 2.600 yang saat ini sudah berkurang dan ditambah dengan 1.436 e-KTP lagi, saya prediksikan hingga Senin akan selesai semua, asalkan jangan ada gangguan teknis seperti kemarin, Insha Allah akan tercapai,” ujarnya.

Lebih lanjut Juhirjo menyampaikan bahwa penambahan ini bukan e-KTP PRR, tetapi ini merupakan data e-KTP yang duplikat, jadi dari pusat data tersebut dihapus dan harus dicetak ulang kembali, dan untuk di Bengkulu Utara terdata sebanyak 1.436 orang yang memliki e-KTP duplikat. “Jadi penambahan ini, setelah pihak kita berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa se-Kabupaten Bengkulu Utara menyampaikan bahwa warga yang terdata di Disdukcapil e-KTP-nya duplikat segera melakukan perekaman ulang paling lambat pertengahan bulan ini, maka dari itu ada penambahan 1.436 lagi,” tukasnya.(127)