Cermat Memilih Takjil

BBINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Kabupaten Kaur khususnya diminta untuk lebih cermat dan teliti membeli menu takjil untuk berbuka puasa di pasar Ramadan atau tempat-tempat lain yang menjual makanan berbuka puasa. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar SSos, kemarin (8/5). “Masyarakat harus cermat dan teliti membeli menu makanan untuk berbuka puasa di pasar Ramadan, jangan sampai nanti sakit gara-gara makanan,” imbaunya.

Menurut Azwar, pembeli tidak tahu apakah makanan dan minuman yang dijual aman bagi kesehatan. Untuk itu butuh kecermatan dan ketelitian dalam membeli makanan berbuka puasa, hindari makanan yang mengandung boraks, formalin, pemanis buatan dan zat pewarna untuk menjaga kesehatan.

“Kita juga minta warga tidak mudah tergiur dengan harga makanan yang dijual dengan harga murah, atau tergiur dengan corak warna yang mencolok. Karena dikhawatirkan makanan tersebut menggunakan zat pewarna yang berbahaya,” imbaunya.

Lanjutnya, selain itu masyarakat harus jeli dalam melihat kondisi fisik makanan yang dijajakan di pasar ramadhan. Seperti memperhatikan kebersihan lingkungan tempat penjualan, jangan sampai karena salah membeli, akan berakibat buruk bagi kesehatan. “Bisa saja makanan yang akan dibeli tidak mengadung zat berbahaya, namun apabila lokasi penjualan tersebut kotor berarti sama saja makanan tersebut tidak aman dan membahayakan kesehatan kita,” imbaunya.

Ditambahkanya, pihaknya selalu menghimbau agar masyarakat berhati-hati dalam membeli makanan pembuka pusa. Karena saat ini banyak pasar kaget yang menjual menu berbuka dipingir jalan-jalan. Untuk itu masyarakat harus mawas diri terhadap kesehatan makan berbuka yang dijajakan tersebut. ”Harus dilihat makanannya, kalau tidak terbungkus itu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Paling aman itu memasak sendiri di rumah untuk makanan buka puasa,” tandasnya.(618)