Cemas Banjir Bandang Lagi

LEBONG UTARA,BE РHujan deras yang hampir setiap hari melanda Kabupaten Lebong sejak seminggu terakhir ini, membuat sejumlah warga cemas. Terutama warga di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara, di pinggir sungai Amen. Warga khawatir hujan bisa menyebabkan banjir bandang lagi. Sebagaimana banjir yang terjadi  pada Sabtu (15/12) lalu. Banjir yang menghanyutkan 7 rumah di pinggir sungai Amen Desa Talang Ulu, akibat meluapnya sungai tersebut.
Nahrul Mahadi (40) Warga Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara salah satu korban banjir bandang yang rumahnya hanyut terbawa banjir beberapa waktu lalu mengungkapkan, pembangunan bronjong atau tanggul di bantaran sungai Aman tersebut sangat mendesak direalisasikan. “Waktu hujan deras air sempat besar. Sementara bronjong yang dijanjikan pemerintah hingga saat ini belum dibangun. Saat ini tanggul penahan banjir yang ada hanya dari bambu, yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat,” ungkap Nahrul.

BPBD Usul Bronjong

Menanggapi masalah itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong belum dapat memastikan waktu pembangunan bronjong Sungai air Amen tersebut. Sebab, BPBD saat ini tidak memiliki dana sendiri untuk program bronjong dimaksud. Namun BPBD mengusulkan pembangunan bronjong itu ke Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Pusat.
“Pembangunan bronjong di Desa talang Ulu tersebut memang sangat diperlukan. Karena bencana hanyutnya rumah warga di sekitar aliran sungai Amen kembali mengancam dimusim hujan saat ini. Ya harapan kita ditahun 2013 pembanguan bronjong tersebut dapat dilakukan,” ungkap Plt Kepala BPBD Lebong Edi Samsuar ST kepada wartawan kemarin.(777)