Cemari Lingkungan, PT Elders Diprotes

Peternakan PT Elders di protes wargaKERKAP, BE – PT Elders yang berada di Desa Aur Gading Kecamatan Kerkap yang bergerak di perusahaan peternak jenis sapi, sudah tiga bulan ini diprotes warga, karena kotoran sapi perusahaan tersebut mencemari lingkungan.
Informasi dari warga setempat, bau tak sedap itu kerap muncul pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Warga yang merasa tak nyaman itu pernah mendatangi pengelola perusahaan itu, namun hingga saat ini bau tak sedap itu masih saja dirasakan warga.
Perusahaan yang sebelumnya bergerak di perkebunan sawit namun saat ini terhenti karena terkendala dengan perizinan sehingga dialihkan ke perusahaan ternak sapi yang mencapai 55 ekor sapi, terdiri dari 49 ekor induk sapi, dan masing-masing dua jantan dewasa, anak betina, dan jantan. Keresahaan warga terkait bau tak sedap itu sangat diharapkan untuk segera diselesaikan karena dalam waktu tiga minggu bau kotoran sapi masih merusak lingkungan desa yang tercium di ratusan KK warga akan segera melakukan aksi demo dan pemortalan jalan.
“Untuk sapi itu memang tidak berkeliaran di desa, hanya saja baunya di malam hari itu meresahkan warga. Kami sudah sampaikan keluhan ini, namun belum dilakukan perbaikan. Jika dalam tiga minggu waktu yang ditentukan tak diperbaiki, warga akan tutup jalan ini,” ujar Anwar (40), salah satu warga desa.
Sementara itu, Erlan Suranto selaku Asisten PT Elders mengaku sudah mengetahui keluhan warga tersebut, dan pihaknya sudah melakukan upaya sementara dengan membersihkan kandang setiap hari, serta kotoran yang ada dialihkan untuk pupuk perkebunan. “Ya sementara inilah yang bisa dilakukan, dan selanjutnya akan kita bicarakan lagi ke manager kita,” singkatnya.(117)