Ceko Bungkam Yunani, 2-1

Republik Ceko berhasil membungkam pasukan Negeri Para Dewa, Yunani.  Dua gol cepat yang dibuat Ceko di awal babak pertama menjadi langkah sukses menundukkan Yunani pada laga kedua Grup A di City Stadium, Wroclaw, Selasa, 12 Juni 2012. Pada babak kedua, Yunani hanya mampu mencetak satu gol balasan.

Setelah digunduli Rusia, 4-1, Ceko yang mengincar poin penuh. Untuk itu, Ceko langsung menyerang sejak  menit awal. Benar saja, laga baru berjalan tiga menit, Jiracek sudah membuat Ceko unggul 1-0. Setelah menerima umpan terobosan sempurna dari Tomas Hubschman, ia melepaskan tendangan terarah ke dalam gawang dan gol.

Tiga menit berselang, Pilar kembali membuat pendukung Ceko bersorak setelah mampu mengubah skor menjadi 2-0. Memanfaatkan umpan silang Theodor Gebre Selassie, gelandang Vfl Wolfsburg itu menyontek bola yang tak mampu dihalau kiper Kostas Chalkias.

Tertinggal dua gol dalam waktu hanya enam menit membuat mental pemain Yunani turun. Meski terlihat mencoba membangun serangan, kampiun Eropa 2004 itu masih kesulitan menembus pertahanan Ceko. Sebaliknya, kombinasi Milan Baros dan Tomas Rosicky beberapa kali menciptakan peluang berbahaya di depan gawang Yunani.

Lima menit menjelang akhir babak pertama, Yunani mampu menyarangkan bola ke gawang Petr Cech melalui aksi Giorgios Fotakis. Namun, gol itu dianulir, karena dirinya lebih dulu berada di posisi off-side.

Selepas turun minum, Yunani memperkecil ketertinggalan melalui pemain pengganti Gekas pada menit ke-53. Umpan silang Giorgios Samaras ke tengah kotak penalti sebenarnya tak terlalu berbahaya. Namun, tangkapan kiper Cech kurang sempurna, sehingga bola lolos ke kaki Gekas. Tanpa ampun, ia kemudian melepaskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Ini adalah gol ke-22 dari 60 penampilan penyerang berusia 32 tahun tersebut. Pemain yang memperkuat klub Turki, Sabmsunspor itu menyamai Dimitros Saravakos di posisi ketiga sebagai pencetak gol terbanyak di tim nasional Yunani.

Hingga akhir pertandingan Yunani terus berusaha mengejar ketinggalan. Mereka mampu menguasai pertandingan hingga 55 persen berbanding 45 persen untuk Republik Cek. Sayangnya, tak ada satupun gol tambahan yang dibuat juara Piala Eropa 2004 tersebut.

Dengan hasil ini Republik Cek naik ke posisi kedua dengan nilai 3 hasil dua kali bertanding. Sedangkan Yunani terpuruk di posisi terakhir dengan nilai 1. Dua tim lain di grup ini, Rusia, nilai 3, dan tuan rumah Polandia, nilai 1, akan bertemu di National Stadium.

UEFA mencatat selama pertandingan menguasai bola 47 persen dan menciptakan tiga peluang emas dari delapan usaha. Adapun Yunani melepaskan lima tembakan akurat tujuh percobaan.
Susunan Pemain:

Ceko: 1-Petr Cech, 3-Michal Kadlec, 6-Tomas Sivok, 8-David Limbersky, 2-Theodor Gebre Selassie, 13-Jaroslav Plasil, 17-Tomás Hubschman, 14-Vaclav Pilar, 19-Petr Jiracek, 15-Milan Baros (21-Tomas Pekhart 64), 10-Tomas Rosicky (18-Daniel Kolar 45).

Yunani: 1-Kostas Chalkias (13-Michail Sifakis 23), 5-Kyriakos Papadopoulos, 21-Kostas Katsouranis, 20-Jose Holebas, 15-Vasilis Torosidis, 2-Giannis Maniatis, 10-Giorgos Karagounis, 16-Giorgios Fotakis (17-Theofanis Gekas 45), 22-Konstantinos Fortounis (11-Konstantinos Mitroglou 71), 7-Georgios Samaras, 14-Dimitris Salpingidis.

Wasit: Stephane Lannoy