Cegah Penyakit Jembrana Ternak Disuntik Vaksin

PANTAU: Petugas saat memantau kesehatan ternak di BS beberapa hari lalu.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dinas Pertanian Bidang Peternakan Bengkulu Selatan (BS), akan berupaya menghindarkan ternak dari penyakit jembrana. Sebab sebelumnya sudah banyak ternak berupa sapi yang terserang penyakit tersebut. Sehingga ternak tersebut diberikan vaksin.

“Kita siapkan vaksin agar ternak tidak diserang jembrana,” kata Kepala Dinas Pertanian BS, Ir Silustero MM melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan, Okty Feriyenni SPi.

Dikatakan Okty, Vaksin Jembrana akan diberikan pada ternak di BS agar tidak terserang virus tersebut seperti di Kecamatan Air Nipis, Kecamatan Kedurang dan Kecamatan Bunga Mas dan kecamatan lainnya. Vaksin Jembrana ini nantinya akan diberikan secara gratis untuk para peternak sapi.

“Kita ada stok 200 untuk vaksin anti jembrana ini dan akan kita berikan secara gratis,” ujarnya.

Dijelaskan Okty pemberian vaksin anti jembrana akan dilakukan mulai September hingga selesai. Sehingga nantinya diharapkan tidak ada lagi ternak di BS terserang virus tersebut. Saat ini pihaknya masih akan melakukan penelitian lebih lanjut dan mencari hewan warga yang tingkat terpapar Jembrana paling sedikit di BS. Sehingga nantinya pelaksanaan vaksin tidak salah sasaran.

“Saat ini masih pendataan, September kita sudah turun ke lapangan memberikan vaksin jembrana,” terang Okty. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*