Cegah Nikah Dini, Siswa Kaur Dibekali Bimbingan Pra Nikah

BIMBINGAN: Para pelajar MAN 1 Kaur saat mengikuti bimbingan pra nikah usia nikah dari Kemenag Kaur di aula MAN 1 Kaur, Rabu (4/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Seiring maraknya pergaulan bebas di era milenia ini, banyak kasus yang tidak diinginkan yang terjadi dalam kehidupan remaja, diantaranya terjadinya pernikahan dini. Guna mencegah hal tersebut, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur melaksanakan bimbingan perkawinan pra nikah usia nikah di kalangan pelajar MAN 1 Kaur, Rabu (4/11). Kegiatan bimbingan pra nikah yang digelar di aula MAN 1 Kaur dan diikuti para siswa itu dipimpin langsung Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin MH.

“Tentunya melalui bimbingan ini nantinya akan menjadi bekal bagi remaja-remaja ketika mereka sudah menikah dan mereka tidak menikah diusia dini,” kata Zainal dihadapan siswa, Rabu (4/11).

Dikatakan Zainal, guna mengarungi kehidupan berumah tangga, diperlukan kematangan, baik secara fisik, mental maupun pengetahuan yang cukup. Untuk itu diperlukan adanya bimbingan khusus, yaitu bimbingan yang diberikan kepada siswa-siswi, sebagai bekal ilmu dalam memasuki kehidupan baru tersebut atau pernikahan.

“Menikah butuh banyak persiapan, tidak cukup hanya sekadar keinginan.  Di sinilah bimbingan pra nikah menjadi penting. Setiap pasangan harus mengerti benar apa dan bagaimana kesiapan mereka agar nanti tidak menimbulkan perceraian,” sampainya.

Zainal menambahkan, pra nikah ini penting dilakukan. Hal ini agar para generasi muda yang berada pada usia pra nikah tersebut, dapat lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan kehidupan, serta diharapkan dapat menurunkan angka perceraian yang terjadi akibat penikahan di usia dini.

“Diharapkan juga masalah perceraian dapat diminimalkan melalui bimbingan perkawinan pra nikah ini. Juga saya minta kepada siswa agar tidak nikah dini dan raih cita-citanya,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*