Cegah Narkoba Sejak Usia Dini

foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Badan Narkotika Daerah Kota Bengkulu, mengkampanyekan pencegahan penyalahgunaan narkotika atau narkoba pada usia dini. Dengan sasaran sosialisasi ibu dan anak. Penyuluh Ahli Muda Badan Narkotika Kota Bengkulu Nuche Marlianto menuturkan, narkotika saat ini sudah menyerang tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sementara untuk tingkat usia dini belum ada laporan ketergantungan narkoba. Di lingkungan usia dini ini hal yang biasa terjadi adalah adanya bujukan, penawaran makanan yang mengandung zat adiktif sehingga kerap menimbulkan kecanduan. Pentingnya menjaga anak usia dini karena bahaya narkoba yang tidak hanya merusak organ tubuh termasuk otak, dan menghancurkan masa depan anak. Untuk itu orang tua diharapkan bisa menjadi penyelamat bagi anaknya denghan cara selektif memilih makanan.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini agar anak-anak lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan kecanduan, ” cetusnya.

Masih dikatakan Nuche, dewasa ini penyalahgunaan narkotika kian meningkat. Selain orang dewasa juga ditemukan kalangan pelajar. Tak disebutkan berapa persentase pelajar yang telah tersandung dalam kasus narkoba, hanya saja Badan Narkotika Kota Bengkulu telah membuka layanan rehabilitasi kasus narkoba. Penerapan pola hidup sehat sejak dini dan komunikasi positif menjadi faktor yang harus dibangun untuk meminimalisir anak menggunakan narkoba, dan tidak jajan sembarangan. (247)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*