Cegah Kenakalan Remaja

Ary_remaja_ ngelem_bengkulu (1)
foto : IST

ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA, Bengkulu Ekspress– Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Utara (BU), Arie Septia Adinata SE mengajak seluruh para orang tua di Kabupaten Bengkulu Utara agar selalu menanamkan nilai keagamaan kepada anaknya.

Hal ini bertujuan agar sang anak tidak terjerumus ke hal negatif yang dapat merusak generasi penerus bangsa. ‘’Selain menempuh pendidikan formal, hal penting yang utama diajarkan pada anak sejak dini, yakni memberikan pemahaman tentang agama. Karena ilmu tanpa agama, sang anak akan mudah terjurus oleh lingkungan,’’ ujarnya.

Wabup menambahkan, dalam bulan suci Ramadan ini, menjadi momentum yang sangat baik untuk mengkinstrospeksi diri. Kemudian, dapat melakukan perubahan kearah yang lebih baik dalam pola memberikan pendidikan kepada anak. Salah satunya dengan mengajak anak salat di masjid dan membaca Al Quran.

‘’Mari kita manfaatkan bulan suci Ramadan ini sebaik mungkin untuk melatih dan mendidik anak agar lebih depat dengan Allah SWT. Ajari anak berpuasa, ajak anak salat di masjid dan mengaji,’’ ungkapnya.

Bahkan dalam kegiatan Safari Ramadan di Desa Teluk Anggung Kecamatan Napal Putih, Wabup mengapresiasi ramainya kalangan remaja yang datang ke masjid menunaikan salat magrib, isya dan tarawih. Hal ini menunjukkan didikan para orang tua dan guru agama serta kalangan perangkat desa dalam memberikan pendidikan agama cukup berhasil.

‘’Alhamdullilah kalangan remaja di Desa Teluk Anggung ini hampir mayoritas datang ke masjid. Ini bentuk keberhasilan dari orang tua, guru ngaji dan perangkat desa yang menanamkan nilai keislaman pada anaknya sejak dini,’’ terangnya.

Tak hanya itu, Wabup juga terkesan dengan penampilan grup rabana dan salawatan yang melibatkan anak-anak yang masih berusia 5 tahun. Ia mengharapkan kegiatan itu menular ke seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Utara, agar seluruh masjid selalu ramai didatangi remaja, daripada melakukan kegiatan lain yang dapat menjerumuskan kearah negatif.

‘’Hal seperti ini harus dapat dicontoh kalangan remaja lain. Mari kita selalu ramaikan masjid melalui berbagai kegiatan positif yang membangun,’’ pungkasnya.(816)