Cegah Jembrana, Hewan Ternak Divaksin

vaksn jembrana tumbuk tebing
IST/Bengkulu Ekspress
VAKSIN: Petugas bidang peternakan dinas pertanian Bengkulu Selatan saat memberikan vaksin pada ternak warga di Desa Tumbuk Tebing, Bunga Mas, Senin (3/9).

BUNGA MAS, Bengkulu Ekspress – Untuk mengantisipasi agar penyakit jembrana tidak menyerang ternak warga Bengkulu Selatan (BS) kembali, dinas pertanian Bengkulu Selatan saat ini rutin turun ke lapangan untuk memberikan vaksin anti penyakit jembrana ke ternak-ternak warga.

“ Hari ini (kemarin red) kami memvaksin 60 ekor ternak berupa sapi bali warga di Desa Tumbuk Tebing dan Padang Burnai, kedua desa ini dalam Kecamatan Bunga Mas,” kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni SP MSi melalui Kabid Peternakan Inbima Kasiri SPt Mling.

Inbima mengatakan, sebelumnya sudah banyak ternak warga di Bengkulu Selatan yang diserang waba menyakit jembrana seperti di Desa Selali dan Desa sekitarnya di Kecamatan Pino Raya dan desa-desa lainnya dalam wilayah Bengkulu Selatan.

Bahkan terakhir satu bulan lalu ada 12 ekor sapi warga di Desa Kemang Manis, Pino Raya yang diduga diserang penyakit jembrana. Setelah itu, sampel darah ke-12 ekor sapi tersebut diambil dan diuji di laboratorium kesehatan Lampung. Hasilnya, ke-12 ekor sapi ternak tersebut positif mengidap penyakit jembarana.



“ Adanya vaksin rutin ini, agar penyakit jembarana tidak lagi menyerang ternak warga,” ujarnya.

Inbima menjelaskan, dengan pemberian vaksin ini, maka ternak memiliki kekebalan terhadap virus jembarana, sehingga ternak tersebut terhindar dari serangan penyakit yang mematikan tersebut.

Selain pemberian vaksin, sambung Inbima, untuk menghindari penyakit jembrana, para peternak sebaiknya mengkandangkan ternaknya. Sebab ternak yang berkeliaran rawan tertular penyakit. “Kalau ada ternak yang terserang penyakit, laporkan pada kami agar bisa segera kami vaksin,” imbau Inbima. (369)