Cegah DBD, Kodim 0408 Gelar Fogging

IRUL/Bengkulu Ekspress FOGGING: Satgas TMMD Kodim 0408 bersama petugas Dinkes saat melakukan pogging di Desa Coko Enau Kecamatan Kaur Utara, Rabu (18/4).
IRUL/Bengkulu Ekspress FOGGING: Satgas TMMD Kodim 0408 bersama petugas Dinkes saat melakukan pogging di Desa Coko Enau Kecamatan Kaur Utara, Rabu (18/4).

KAUR UTARA, Bengkulu Ekspress – Satuan Petugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 tahun 2018 Kodim 0408/BS-Kaur bekerjasama dengan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kaur melaksanakan kegiatan fogging di Desa Coko Enau Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur, Rabu (18/4). Ini untuk mencegah terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD) pada musim penghujan seperti sekarang ini.

“Kegiatan fogging yang bekerjasama dengan Dinkes Kaur ini merupakan kegiatan dari rangkaian TMMD non fiksik,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0408/BS-Kaur Letkol Inf. Ricky Budi Marojahan Simarmata Ssos, kemarin (18/4).

Dikataka Dandim, fogging ini dilakukan dengan beberapa personel gabungan TNI dan Dinkes. Dimana petugas melaksanakan fogging dengan cara mendatangi rumah warga dan setelah itu mensosialisasikan bahaya demam berdarah. Upaya yang dilakukan dalam pencegahan penyakit demam berdarah adalah fogging. Oleh karena itu jaga kebersihan di lingkungan masing-masing dan hindari genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk

“Disini ada puluhan rumah yang akan kita lakukan fogging, kegiatan fogging ini dilaksanakan wilayah Kaur Utara, dan kita berharap DBD dapat diatasi,” harapnya.

Ditambahkannya, fogging yang merupakan bagian dari kegiatan non fisik TMMD guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gerakan hidup bersih dan bahaya penyakit DBD atau malaria. Sebab jika tidak ini, dapat mengakibatkan banyaknya genangan air dilingkungan rumah warga dapat membuat nyamuk cepat berkembang biak.

“Untuk mencegah penyakit DBD, dengan ini banyak masyarakat bersyukur dengan dilakukan pengasapan nyamuk dirumah dilingkungan mereka karna dapat mengurangi resiko terserang penyakit DBD, apalagi musim hujan ini,” jelasnya.(618)