Cegah Covid-19 Terapkan PHBS

Siswanto SSos MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Siswanto Ssos mengatakan Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai perubahan dalam hidup setiap individu. Baik dari aktivitas, seperti bekerja – maupun kegiatan belajar mengajar yang lebih sering dilakukan di dalam rumah. Hingga, perubahan pola dan gaya hidup. Agar ke depan terhindar dari covid-19, dirinya mengajak warga BS agar selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS).

“Dengan menerapkan PHBS, tentu dalam selalu menjaga kita agar terhindar dari covid-19,” katanya.

Dikatakannya, pola hidup sehat dan bersih tersebut diantaranya memperbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Sehingga kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh pun ikut meningkat. Perbanyak asupan buah dan sayur, serta makanan tinggi protein, serat, serta vitamin dan mineral. Kemudian olahraga secara rutin. Cukup waktu istirahat.

“Dengan memakan makanan bergizi, rutin olahraga dan istirahat cukup, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga kita bisa terhindar dari serangan penyakit termasuk virus covid-19,” ujarnya.

Tidak hanya itu, sambung Siswanto, dirinya juga mengimbau warga BS selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, rutin mencuci tangan sampai bersih juga menghindari bersalaman. Oleh karena itu,dirinya optimis ke depan warga BS akan terhindar dari virus covid-19.

“Terapkan selalu secara disiplin prokes covid-19,” imbuhnya.

Dijelaskan. siswanto, hingga saat ini, warga BS yang terpapar covid-19 sebanyak 243 orang. Dari jumlah tersebut ada 21 orang masih menjalani isolasi mandiri dan 2 orang lainnya sedang dalam perawatan. Dari jumlah tersebut, yang sudah dinyatakan sehat sebanyak 194 orang, sedangkan sisanya 25 orang meninggal dunia.Sejak idul fitri lalu, tidak ada penambahan warga BS yang terpapar covid-19. Oleh karena itu, dirinya mengajak agar ke depan semau warga BS dapat selalu menerapkan PHBS, agar status zona hijau dapat selalu dipertahankan.

“Semoga BS selalu dalam zona hijau covid-19 dan warga dapat beraktivitas normal kembali,” harap Siswanto. (369)