Cegah Covid-19, Plt Bupati Kaur Lakukan Gertak Masker

BAGIKAN: Plt Bupati Kaur bersama tim gugus tugas saat membagikan masker kepada pedagang di pasar Inpres dan foto bersama, dalam rangka Gertak penertiban pemakaian masker, Jum’at (6/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Plt Bupati Kaur Hj Yulis Suti Sutri bersama Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Kaur, Jum’at (6/11), melakukan kegiatan gerakan serentak (gertak) penertiban pemakaian masker di kota Bintuhan dan Pasar Inpres. Hal ini guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Kaur yang makin meningkat ini.  Dimana Gertak ini dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Gubernur tentang protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan tema “jadilah pahlawan kesehatan dengan jangan kendor memakai masker”.

“Gerakan ini secara serentak kita lakukan di seluruh Indonesia. Gertak ini sesuai dengan Pergub nomor 22 tentang Prokes Covid-19,” kata Yulis disela-sela pembangian masker di pasar Inpres, Jum’at (6/11).

Dikatakan Yulis, dalam kegiatan gertak penertiban pemakaian masker sekaligus dalam rangka memperingati hari pahlawan ke-75 ini. Plt Bupati membagikan masker yang bertulisan “jadilah pahlawan kesehatan dengan jangan kendor memakai masker” kepada masyarakat termasuk sosialisasi pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan. Sasaran pembagian yang dijadikan prioritas adalah para pedagang beberapa pasar Inpres. Menurut Yulis pasar merupakan tempat yang paling padat dikunjungi masyarakat karena sebagai tempat jual beli kebutuhan pokok, sehingga cukup rawan terjadi penularan.

“Oleh karenanya perlu kita beri perlindungan maksimal. Salah satu yang bisa kami lakukan adalah pembagian masker. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar arti penting mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama mencegah Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Ketua harian Tim Gugus Covid-19 Kaur, Ujang Syafiri S Pd, dimana kegiatan ini menindaklanjuti adanya pembagian masker dari Kemenkes RI untuk Kabupaten Kaur khususnya. Akan tetapi dalam proses pembagian kepada masyarakat tidak serta merta langsung dibagikan melainkan melalui proses sweeping atau razia kepada masyarakat yang ketahuan tidak menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhan kesadaran warga agar senantiasa selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Ada sekitar 20 ribu masker kita bagian dan ini tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur. Pembagiannya melalui Puskemas dan Polsek. Melalui kegiatan ini diharapkan depan kedisiplinan warga dalam mematuhi Prokes ini dapat benar-benar terwujud sehingga Kaur bisa terbebas dari wabah korona ini,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*