Cegah Covid-19, Dinkes Rejang Lebong Luncurkan Dua Program Kesehatan


Ary/BE
Bupati bersama Kadinkes Rejang Lebong saat melaunching Gerakan Sedia Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di depan rumah dan tanam tanaman bahan antiseptik di Desa Purwodadi, Jumat (2/10).

CURUP, bengkuluekspress.com – Dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meluncurkan dua program kesehatan. Yaitu gerakan sedia sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) di depan rumah dan tanam tanaman bahan antiseptik. Kegiatan tersebut diluncurkan langsung oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Dapil Bengkulu, M Saleh, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM menjelaskan, bahwa prilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun selama pandemi Covid-19 ini terbukti efektif untuk menekan terjangkitnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan, seperti ispa, diare dan hepatitis B.
“Dengan melihat dampak positif dari protokol kesehatan ini, kami berharap masyarakat Rejang Lebong betul-betul disiplin mematuhi protokol kesehatan, karena selain untuk mencegah Covid-19, juga untuk mencegah penyakit lainnya,” terang Syamsir.

Protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat Rejang Lebong tersebut mulai dari rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian menggunakan masker serta menjaga jarak atau phsycal distancing.
“Kita targetkan dalam waktu dekat ini program sedia sarana cuci tangan pakai sabun ini bisa tercapai 100 persen di 156 desa dan kelurahan dalam 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong ini,” tambah Syamsir.

Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi juga berharap, masyarakat Rejang Lebong bisa mengikuti atau menindaklanjuti kegiatan launching tersebut dengan disiplin terhadap protokol kesehatan, yaitu rutin mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.
“Tiga komponen protokol kesehatan ini tidak bisa dipisahkankan, oleh karena itu seluruh masyarakat Rejang Lebong harus mematuhinya, Insya Allah bila kita ikuti maka akan terhindar dari Covid-19,” pesan bupati.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*