Cegah Covid-19, Bhabinkamtibmas RL Data Pendatang

AKP Margopo

CURUP, bengkuluekspress.com – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong khususnya dari pendatang yang masuk ke Rejang Lebong. Saat ini Polres Rejang Lebong telah mengerahkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendataan pendatang yang baru masuk ke Rejang Lebong.

“Dalam upaya pencegahan Covid-19, saat ini petugas Bhabinkamtibmas kita mulai melakukan pendataan terhadap pendatang yang baru masuk ke desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong ini,” terang Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno SIK MH melalui Kabag Ops AKP Margopo SH.

Tak hanya melakukan pendataan, menurut Margopo petugas Bhabinkamtibmas yang tersebar di 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong juga melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan yang ada di Puskesmas terdekat. Salah satunya untuk melakukan pemeriksaan dengan rapid antigen kepada para pendatang untuk memastikan para pendatang tersebut bebas atau tidaknya dari Covid-19.

Lebih lanjut Margopo menjelaskan Bhabinkamtibmas bersama sejumlah pihak terkait lainnya termasuk Babinsa dari TNI memiliki peran yang sangat penting untuk melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19 dari tingkat bawah yaitu tingkat desa dan kelurahan.

“Kita berharap dengan penanganan dari tingkat bawah ini bisa menekan penyebaran Covid-19 di Rejang Lebong ini,” harap Margopo.

Sementara itu, terkait dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong, juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM menyembutkan dari total sampel yang diperiksa di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 3.803 sampel ada 984 sampel yang dinyatakan positif Covid-19.

Hanya saja menurut Syamsir dari 984 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong, sebanyak 913 kasus telah dinyatakan sembuh, kemudian ada 20 kasus yang meninggal dunia dan masih ada 51 kasus yang masih dalam pengawasan atau terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita berharap kasus Covid-19 di Rejang Lebong tidak bertambah lagi dan Rejang Lebong kembali ke zona hijau,” harap Syamsir.

Untuk menuju Rejang Lebong zona hijau tersebut, menurut Syamsir pihaknya meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat yaitu dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*