Cegah Covid-19, 5 OPD Kaur di Rapid Test

Ujang Syafiri

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Guna mencegah penularan Covid-19 di kalangan ASN, terus dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Setda Kaur. Sampai saat ini tercatat sudah 92 ASN menjalani rapid test. Mereka berasal dari lima OPD terpisah, hal ini dilakukan untuk memastikan tak ada lagi ASN di Kabupaten Kaur yang mengalami gejala Covid apalagi sampai positif terjangkit virus yang mematikan itu.

Satgas Covid mencatat lima OPD yang sudah dilakukan rapid tes itu yakni Inspektorat 20 orang, Bappeda Litbang 56 orang, 12 staf Plt Bupati dan 4 orang dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana Pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak (DP2KB-P3A).

“Sudah kita lakukan rapid tes, hasilnya semuanya non reaktif, jadi ASN yang lain tak perlu ragu namun tetap harus jaga jarak dan tentunya ikut protokol kesehatan,” kata tim Gugus Tugas Civid 19 Kabupaten Kaur Ujang Syafiri SPd, Minggu (25/10).

Dikatakan Ujang, meski ada dua OPD yang ASN nya terpapar covid di dua OPD berbeda, tapi hasil traking yang dilakukan pihaknya tidak menemukan adanya penulan. Sehingga dua OPD itu tetap dibuka dan pelayanan tetap berjalan seperti biasanya. Artinya tidka ada yang ditutup terkait dengan penularan Covid yang terjadi.

“Dua OPD dan yang lainnya tetap dibuka, tidka ada yang diliburkan, namun kita perketat protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjutnya, mengenai kesehatan dua ASN yang terpapar covid kini kondisinya tetap sehat. Namun tentunya masih menjalani isolasi mandiri hingga beberapa hari kedepan sampai dipastikan kondisinya sembuh dari Covid. Keluarga ASN itu masih menjalani isolasi mandiri dirumahnya dan juga mendapat pengawasan oleh tim Satgas Covid-19.

“Mudah mudahan tak ada lagi yang terpapar covid sehingga aktifitas masyarakat dan OPD dapat berjalan dengan normal, saya menghimbau kepada seluruh warga kaur untuk mematuhi protokol kesehatan dengan tiga M yakni mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker dan juga menjaga jarak,” ujarnya

Ditambahkannya, hari ini pihaknya akan melakukan penyemprotan seluruh OPD. Hal ini dilakukan untuk memastikan tak ada penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kaur. Penyemprotan disenpektan akan dilakukan diseluruh OPD terutama di kawasan padang kempas. Selain Satgas kegiatan penyemprotan juga akan dibantu oleh PMI kaur dan beberapa OPD lainnya.

“Kita rencanakan akan lakukan penyemprotan secara keseluruhan, terutama di OPD yang berdekatan dengan OPD yang ASN-nya terpapar Covid-19,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*