Cegah Banjir, Warga Kaur Diminta Jaga Kebersihan

Syahril

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaur meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kaur untuk menyadari pentingnya kebersihan di lingkungan masing-masing. Hal ini guna mengatasi banjir yang kerap melanda wilayah Kaur dikalah hujan seperti sekarang ini.

“Ini sudah musim hujan dan kita minta kepada warga Kaur agar menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya,” kata Kepala DLH Kaur, Syahril SPd Senin (19/10).

Dikatakan Syahril, dimana tumpukan sampah yang sering dibuang warga di aliran sungai ini bisa memicu terjadinya pencemaran lingkungan sungai serta mudahnya penularan berbagai macam penyakit. Apalagi, banyak sungai di Kabupaten Kaur masih dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Karena penyebab terjadinya banjir di Kaur bukan hanya aliran air yang cukup deras. Selain itu, banyaknya tumpukan sampah yang menyumbat saluran air. DLH, sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) terjaga kebersihannya.

“Kita sudah pasang larangan agar warga tidak membuang sampahnya ke sungai, dan ini demi kesehatan kita semua dan kita terhindar dari banjir dan penyakit,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk diwilayah Kota Bintuhan khususnya hampir seratus persen semuanya telah tersedia Tempat Penampungan Sementara (TPS). Tidak hanya itu, penyuluhan dan pelatihan tentang pengelolaan sampah membuat bank sampah juga sudah diterapkan. Akan tingkat kesadaran warga Kaur membuang sampah masih rendah.

“Ke depan harapan kedepan tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing meningkat, dan kita sudah menyediakan tempat pembuangan sampah dimasing-masing depan rumah,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*