Catut Nama Waka I DPRD Kota, Penipu Minta Uang ke BKSDA dengan Modus Sumbangan Kurban

FOTO IST – Profil Whatsapp yang digunakan pelaku saat mengelabui calon korban.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Modus penipuan mengatasnamakan anggota DPRD terjadi di Kota Bengkulu. Melalui sebuah pesan WhatsApp, pelaku mencoba mengelabui calon korbannya yakni Kepala BKSDA Bengkulu Donal Hutasoit untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan sumbangan kurban untuk Idul Adha.

Dalam menjalankan aksinya, penipu yang belum teridentifikasi identitasnya tersebut mengaku sebagai Marliadi, Waka I DPRD Kota Bengkulu serta dengan menggunakan foto Marliadi di profil Whatsaapnya. Dengan modus sebagai panitia kurban 2020, pelaku meminta korban mentransferkan uang dengan mengirim nomor rekening bank BRI sebagai rekening panitia kurban.

” Ya kejadian minggu kemarin, ada yang mengatasnamakan saya untuk meminta sumbangan kurban ke BKSDA Bengkulu. Makanya saya bingung, saya tidak pernah melakukan hal tersebut. Setelah saya berkoordinasi dengan BKSDA akhirnya kita ulur waktu transfer uang tersebut untuk memancing penipu tersebut,” terang Marliadi, Selasa (28/07).

Diceritakan Marliadi, beruntungnya uang senilai Rp 5 juta rupiah yang diminta pelaku belum sempat di transfer. BKSDA meminta pelaku datang sendiri untuk mengambil uang tersebut namun pelaku tak kunjung datang.

Untuk menghindari kejadian serupa di tempat lain, Marliadi melaporkan kasus pencatutan namanya tersebut ke Polda Bengkulu. Saat ini pelaku masih diselidiki berdasarkan nomor telepon yang digunakan dan nama pada nomor rekening yang diberikan penipu tersebut.

“Saya meminta jika ada kejadian serupa di tempat lain, rekan- rekan dan masyarakat untuk tidak mudah percaya. Telusuri dulu kebenarannya agar tidak menjadi korban penipuan. Saya pribadi tidak pernah meminta biaya kurban dalam bentuk apapun,” kata Marliadi. (Imn)