Cashback Sukuk Ritel dari Muamalat

edi santoso
BENGKULU, BE– Bank Muamalat sebagai salah satu bank yang dipercaya pemerintah menjual Sukuk Ritel atau SR 006. Dalam upaya menggenjot penjualan surat berharga pemerintah tersebut, Bank Muamalat menghadirkan promo spesial berupa cashback untuk pembelian SR di Bank Muamalat. “Tahun ini kita dipercaya pemerintah untuk menjual SR 006, dalam penjualan tersebut kita memberikan promo spesial kepada masyarakat, berupa gimmick atau sejelnis cashback,” ungkap Branch Manager Bank Muamalat Bengkulu, H Edi Santoso.
Dalam memberikan gimmick atau cashback tersebut, Bank Muamalat membaginya dalam dua jenis yang pertama adalah cashback sebesar Rp 200 ribu. Dan yang kedua adalah cashback sebesar 0,05 persen dari nilai pembelian. Untuk cashback Rp 200 ribu, akan diberikan kepada masayrakat yang melakukan pembelian minimal Rp 200 juta. Sedangkan cashback 0,05 persen akan diberikan kepada masyarakat yang melakukan pembelian minimal Rp 1 miliar. “Untuk casback Rp 200 ribu hanya akan kita berikan kepada 100 orang pembeli pertama,” tambah Edi.
Penjualan SR 006 dilakukan pemerintah, mulai tanggal 14 sampai dengan 28 Februari 2014. Penjualan SR ini dikarenakan pemerintah membutuhkan dana untuk pengerjaan  proyek yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). SR 006 ini sifatnya investasi jangka panjang  dengan jangka waktu 3 tahun. Bagi hasil yang diberikan pemerintah untuk SR ini sebesar 8,75 persen. Bagi hasil yang diberikan lebih tinggi dari bunga deposito.
Kelebihan lain dari SR 006 adalah, dana yang diinvestasikan 100 persen dijamin oleh pemerintah, sehingga masayrakat tidak perlu khawatir. Kemudian pajak yang ditanggung pembeli juga lebih ringan, dibandingkan dengan deposito. Pajak yang harus dibayarkan pembeli hanya 15 persen, sedangkan untuk deposito atau tabungan umumnya sebesar 20 persen.
“Setelah dilakukan penawaran hingga tanngal 28 Februari ini pemerintah akan menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan SR 006, sebelum menerbitkan suratnya pada tanggal 5 maret nanti,” bebernya.
Lebih lanjut Edi menjelaskan, untuk di Bengkulu sendiri permintaan SR 006 ini cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang meminta formulir penawaran di Bank Muamalat Cabang Bengkulu.
“Penjulan kita lakukan diseluruh outlet yang dimiliki Bank Muamalat, dan saat ini sudah banyak masyarakat yang mengambil formulir dan ada sebagin yang sudah mengembalikan formulir tersebut,” tukas Edi.(251)