Cari Ikan Kering Teruji Secara Klinis? Datang Saja ke Usaha Sumber Rizki Laut

FOTO M.Naini/BE – Angga Sefta, penjual usaha ikan kering sumber rizki laut.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Bengkulu jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Bengkulu, salah satunya ikan kering hasil produksi sendiri. Anda bisa langsung mengunjungi penjual ikan kering yang beralamat di Jalan Bawal RT. 08/03 No. Malabero Kota Bengkulu.

“Kami menjual berbagai macam ikan kering, seperti teri, teri tawar, beledang, gabus laut, teri rebus, saman, dan masih banyak lagi,” terang Angga Sefta (24), ujar pemilik Toko Sumber Rizki Laut, salah penjual ikan kering di kawasan Pantai Malabero, saat diwawancarai BE, Rabu (12/02).

Harga jual ikan kering ini bervariasi dan harga disesuaikan dengan jenis ikannya. Mulai dari harga Rp. 40 ribu sampai Rp. 60 ribu perkilo. Harga akan berbeda jika pembeli yang akan menjual kembali ikan kering ini, Harga perkilonya Rp. 25 ribu sampai Rp. 30 ribu dengan catatan pembeli harus membeli lebih dari 2 Kg ikan kering.

Angga menjelaskan, tokonya memproduksi ikan sendiri, sehingga untuk kualitas ikannya pasti terjamin karena tidak menggunakan bahan pengawet. Langkah pertama, ikan yang baru didapat diberi es terlebih dahulu, setelah itu dibersihkan kotorannya. Kemudian ikan diberi garam terus dijemur. Proses penjemuran ini biasanya memerlukan waktu selama 2 hari untuk cuaca panas. Jika cuaca hujan maka ikan akan hancur dan tidak bisa dijual.

Tidak hanya itu, usaha ini juga sudah mengekspor ikan kering ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti ke Medan, Padang, Jambi, Lampung, Jakarta dan Kalimantan. Biasanya mereka memesan sebanyak 20 Kg sampai 30 Kg. Selain itu usaha ini juga sudah teruji secara klinis, sehingga tidak heran jika banyak yang memesan ikan kering di Usaha Sumber Rizki Laut. (Mg9)