Caretaker Walikota Dibebankan 3 Tugas

BENGKULU,BE –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI memberikan tiga tugas pokok caretaker atau penjabat Walikota Bengkulu yang akan dijabat oleh Asisten I Setda Pemprov Drs H Sumardi MM.  Dalam Surat Keputusan  (SK) Mendagri nomor 132.17-797 tahun 2012, tugas Sumardi antara lain pertama melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kota Bengkulu, membantu kelancaran pelaksanaan Pilwakot dan  merumuskan langkah-langkah dalam penyiapan APBD tahun 2013.
SK tersebut juga mengatur gaji pokok, tunjangan jabatan, serta  tunjangan lainnya sebagai Walikota Bengkulu, sesuai dengan peraturan dan undang-

Undang yang berlaku. Sekitar Pukul 15.00 WIB, kemarin,  Sumardi melakukan gladi resik pelantikan caretaker walikota di Gedung Daerah. Ia mengatakan, siap  mengemban amanah yang telah ditetapkan Mendagri itu.  “Setelah dilantik besok (hari ini)  saya akan menggelar rapat internal. Roda  pemerintahan akan saya jalankan bersama dengan perangkat permanen. Urusan mutasi-mutasi tidak ada dalam pikiran saya, yang penting  bekerja dulu,” ujarnya.
Menurutnya, ia telah memiliki agenda formal dan informal.  Agenda formal seperti penyelenggaraan Fesitival Tabot dan perayaan HUT Provinsi Bengkulu ke 44. Kemudian, akan mengecek Balaikota.

“Biro umum mengajak saya untuk mengecek Balai Kota. Pada Sabtu malam usai pelantikan juga akan digelar pisah sambut dengan walikota yang lama di Balai Kota,” katanya.

Di sisi lain, menurut Kabag Protokoler Setda Provinsi Drs. Darpin mengatakan persiapan pelantikan penjabat Walikota Bengkulu mencapai 90%.  Dalam pelantikan tersebut, akan dihadiri 250 undangan. Pelantikan ini, tidak ubahnya seperti agenda pelantikan walikota definitif.

“Pelantikan penjabat walikota sama dengan  pelantikan walikota definitif. Tidak ada bedanya. Bedanya hanya tempatnya saja,” katanya.
Ia mengatakan,  250 undangan tersebut ia berikan antara lain kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi dan Kota beserta istri, Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi dan Kota, KPU Provinsi dan Kota, Bawaslu, Panwaslu serta beberapa instansi lainnya,” kata Darpin.

Pelantikan akan dilakukan hari ini, Pukul 10.00 WIB oleh Plh Gubernur H  Junaidi Hamsyah. Selain akan melantik Sumardi, Plt Gubernur juga akan menyerahkan surat pemberhentian jabatan Walikota Bengkulu H. Ahmad Kanedi  SH MH tertuang dalam Keputusan  Mendagri Nomor 131.17-795 tahun 2012 dan nomor 132.17-796 untuk Wakil Walikota Bengkulu H Edison Simbolon MSi .

Siapkan Mobnas &  Rumdin

Di bagian lain Pemerintah Kota Bengkulu telah menyiapkan berbagai fasilitas yang untuk Caretaker Walikota. Fasilitas tersebut, seperti mobil dinas, rumah dinas dan fasilitas lainnya yang berhak didapati oleh seorang kepala daerah.

“Untuk mobil dinas kita siapkan salah satu mobnas Walikota saat ini Toyota Land Cruiser (LC) dan rumah dinas akan kita siapkan Balai Kota,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Drs H Rusli Zaiwin MM, kemarin.
Ia mengungkapkan fasilitas tersebut akan diserahkan kepada Caretaker Walikota dalam acara serah terima kepada mantan Walikota H Ahmad Kanedi yang akan dilaksanakan di Balai Kota malam ini.

“Sifatnya kita hanya menyediakan. Kalau mau dipakai oleh Caretaker atau tidak bukan lagi kewenangan Pemkot. Namun kita berharap agar caretaker bersedia menerima fasilitas tersebut untuk dimanfaatkan selama masa jabatannya,” harap Rusli.
Dengan berakhirnya masa jabatan Walikota H Ahmad Kanedi SH MH dan Wakil Walikota H Edison Simbolon SSos MSi, maka Pemkot akan menarik semua fasilitas  melekat pada kedua pejabat tersebut.

“Kita minta kesadarannya untuk mengembalikan segala fasilitas yang dipakainya. Kecuali hanya mobil dinas merk Fortuner, baik untuk Walikota dan Wakil Walikota,” kata Kabag Perlengkapan Pemkot, Edwar Heppy SSos, belum lama ini.
Ia mengungkapkan, berdarsarkan atuaran yang berlaku bahwa kedua mobnas Fortuner tersebut akan dijual kepada Mantan Walikota dan Wakil Walikota. Namun harganya jauh di bawah harga pasaran.

“Khusus mobnas dengan plat BD I A dan BD 5 A tidak akan ditarik, karena akan dijual kepada mantan pejabat tersebut sebagai suatu penghargaan atas pengabdiannya 5 tahun terakhir ini,” sampainya.
Sementara untuk Mobnas Walikota dan Wakil Walikota terpilih nantinya, Edwar mengaku pihaknya telah merancang akan membeli Mobnas baru dan anggaran akan dimasukkan kedalam APBD 2013.

“Untuk Caretaker terpaksa kita berikan mobnas yang pernah dipakai oleh Walikota Pak Kanedi, karena untuk pengadaan mobnas baru kita belum mampu mengingat tidak dianggarkan dalam APBD perubahan 2012 kemarin,” tukasnya.(400/100)