Cara Dahlan Iskan Peringati Setahun Jadi Menteri

AHAD kemarin, Dahlan Iskan genap satu tahun menjabat menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peringatan ulang tahunnya tersebut  di PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar.

M NASARUDDIN ISMAIL

Dalam kunjungannya sehari di lima tempat di Makassar, Ahad kemarin, menteri BUMN Dahlan Iskan memperingati setahun jadi menteri di PT IKI, Makassar.
Kedatangannya diperusahaan yang “sakit” itu, tanpa diundang. Dalam perjalanannya untuk meninjau pembangunan pelabuhan Pelindo 4, mantan dirut PLN ini, langsung membelokkan mobilnya ke PT IKI.

Kehadirannya mengejutkan sekitar 250 karyawan perusahaan perkapalan yang terancam bangkrut sejak 1995 itu.Melihat Dahlan Iskan yang mengemudi mobil Alphad yang berhenti di depan pos penjagaan satpam, langsung diserbu oleh karyawan dan keluarganya. Mereka minta agar “penyelamat” perusahaannya itu, turun dari mobil. Tapi dia tetap bertahan dibelakang kemudi.

Sebab, menteri BUMN ingin melihat perkembangan industri kapal yang sejak enam bulan lalu sudah mulai menerima gaji penuh itu.”Wah PT IKI sudah mulai ada tanda-tanda kehidupan ya,” tutur Dahlan Iskan melihat sebuah kapal yang berada di doking.

Sebab, ketika datang pertama kali di sana usai dilantik jadi menteri BUMN, tidak ada tanda-tanda kehidupan. Yang ada hanyalah belasan bangkai kapal ikan yang mangkrak. “Kami sekarang sudah mulai menolak kapal yang ingin perbaiki di sini Pak,” tutur Dirut PT IKI, Bandung SA yang baru beberapa bulan menjabat ini.

Setelah melihat suasana dikawasan industri kapal tersebut, Dahlan bersama rombongan, ingin melanjutkan perjalanan  ke Pelindo 4. Di dalam mobil yang dikemudinya itu, Dahlan didampingi Dirut Pelindo 4, Herry Sutanto, dan stafnya. Sedangkan Bandung, baru tahu kalau Dahlan Iskan berkunjung ke perusahaannya setelah berada di lokasi.

Lucunya,  sebelum melintas di pintu gerbang untuk keluar puluhan karyawan perusahaan tersebut sudah menghadangnya. Mobil pun tidak bisa lewat. Mereka menutup seluruh badan jalan. Pintu pagar besi, juga ditutup rapat oleh ibu-ibu. Mirip seperti karyawan yang tengah berunjukrasa.

Begitu Dahlan Iskan turun dari mobil, langsung disalami rame-rame. Ada juga yang mencium tangan dan cium pipi, ada juga yang merangkul, kakek enam cucu ini.
Lantas Dahlan Iskan dikawal rame-rame. Pintu gerbang pun baru dibuka.

Kebetulan, pagi kemarin perusahaan yang “sakrat” selesai jalan sehat untuk peringati Hari Ulang Tahun ke-35. Sejak pagi karyawan bersama keluarganya jalan sehat bersama.

Ulang tahun kali ini, merupakan ulang tahun kali pertama dirayakan sejak 10 tahun terakhir. “Ini ulang tahun kami pertama, setelah 10 tahun tidak diperingati, karena tidak punya uang,” kata dirut PT IKI. “Jangankan untuk ulang tahun, untuk gaji karyawan saja, harus hutang dulu,” Bandung SA menceritakan.

Dahlan Iskan pun didaulat untuk memberikan sambutan. Saat itulah, dia mengatakan, kalau Ahad kemarin bertepatan setahun menjadi menteri. “Hari ini ada dua ulang tahun yang kita rayakan. Pertama ulang tahun PT IKI ke-35, dan kedua memperingati setahun saya jadi menteri,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan meriah.

Lantas Dahlan Iskan mengatakan, kalau PT IKI sekarang sudah mulai sombong. Dengarkan kata-kata itu ratusan karyawan perusahaan tersebut terkejut. “Tadi saya dapat laporan kalau PT IKI sudah mulai menolak  kapal yang diperbaiki,” sambungnya yang mendapat oplos yang meriah. “Kalau begitu sudah ada tanda-tanda kehidupan,” lanjut Dahlan yang lagi-lagi mendapat sambutan hangat.

Mereka sangat antusias dengan kedatangan menteri BUMN yang ke empat kalinya ini, karena berkat dialah karyawan perusahaan ini bisa gajian. Bahkan empat bulan terakhir gaji karyawan yang rata-rata Rp 1 juta ini, sudah naik.

Karena itu tidak heran kedatangannya  tanpa diundang ini, betul-betul membuat kejutan bagi karyawan. Apalagi Dahlan Iskan pernah datang ke industri kapal tersebut tanpa diketahui oleh siapa pun. Menyaru sebagai pemilik kapal, Satpam yang menjaga pintu pun tidak tahu.

“Bagi karyawan IKI, Dahlan Iskan bagaikan dewa penyelamat. Berkat belialah kami bisa menerima gaji kembali,” kata Manager Humas PT IKI, Akbar Nur kepada koran ini. “Bulan ini merupakan, bulan ke empat gaji kami dinaikkan. Ini semua berkat Pak Dahlan Iskan,” tambahnya. (*)