Car Free Night, Wakapolri Jalan Kaki dari Polda Metro

wakapolriWakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Nanan Sukarna mendatangi lokasi Jakarta Night Festival (JNF) di Bundaran Hotel Indonesia, Senin (31/12) malam. Jenderal bintang tiga itu mengaku berjalan kaki dari Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan menuju jalur Car Free Night.

“Dari Polda jalan kaki, dong. Kan, car free night, enggak ada mobil,” ujar Nanan.

Nanan datang bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Suhardi Alius, Kepala Lembaga Pendidikan Polisi Irjen Budi Gunawan, dan Kabid Humas Polda Metro Komisaris Besar Rikwanto. Nanan beserta rombongan mengenakan rompi kepolisian warna hijau terang itu.

Nanan menanggapi positif ide tahun baru ala Gubernur DKI Joko Widodo ini. Ia berharap pelaksaan Car Free Night berlangsung aman, damai, dan tertib di tengah hujan yang hingga kini masih mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

“Selamat tahun baru, semoga tahun baru ini aman, damai, dan tertib,” ucapnya.

Untuk diketahui saja, JNF digelar di jalur Car Free Night. Sterilisasi jalur dimulai dengan memfilter kendaraan bermotor yang masuk di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin sampai Medan Merdeka Barat pada pukul 16.00 WIB. Pada pukul 18.00 WIB, jalur lambat sepanjang Sudirman-Thamrin mulai ditutup, dan dilanjutkan dengan menutup jalur cepat pada pukul 19.00 WIB.

Tepat pukul 20.00, jalur car free night telah steril dari kendaraan bermotor. Car free night berlaku hingga pukul 02.00 WIB, Selasa 1 Januari 2013.

Untuk menampung kendaraan warga yang akan menikmati JNF, Pemerintah Provinsi DKI menyediakan kantong-kantong parkir kendaraan di lapangan IRTI Monas, area parkir Polda Metro Jaya, Parkir Timur Senayan, serta parkir off street di gedung dan mal yang berada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Sebanyak 16 panggung hiburan tersebar disepanjang jalur Car Free Night. Puluhan ribu warga telah memadati jalur bebas kendaraan tersebut sejak pukul 18.00. Hujan hingga kini terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Warga pun banyak yang mengenakan payung hingga jas hujan.

Adapun puncak perayaan pergantian tahun akan digelar di panggung utama yang berada di bundaran Hotel Indonesia (HI). Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan memimpin hitung mundur di detik-detik pergantian tahun.(**)