Capaskibraka Mulai Diseleksi Awal April

RAPAT : Disparpora bersama tim seleksi ketika menggelar rapat untuk pelaksanaan seleksi capaskiraka kabupaten Lebong.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Dinas Pariwsata Pemuda dan Olahraga (disparpora) Kabupaten Lebong akan mulai melaksanakan seleksi Calon Pasukan pengibar bendera pusaka (Capaskibraka) mulai tanggal 7-8 April 2021 untuk ditugaskan dalam upacara mempenringati Hari Ulang Tahun Repbulik Indonesia (HUT RI) ke 76.

Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, ir Eddy Ramlan MSi mengatakan bahwa perekrutan sendiri untuk menindaklanjuti surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) nomor B-PP.00.00/1.19.1/D-II.2/I/2021, untuk kembali melakukan perekrutan anggota Capskibraka baik untuk tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional.

“Untuk komposisi Capaskibraka memperingati Hari Ulang Tahun Repbulik Indonesia (HUT RI) akan kembali seperti semula,” sampainya, Kamis (25/03).

Dimana untuk Capaskibraka yang akan dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi nantinya ada sebanyak 3 pasang (putra-putri), dari jumlah tersebut nantinya akan diselksi baik untuk bertugas di tingkat Provinsi Bengkulu atau nantinya dikirim untuk tingkat Nasional.

“Itu sesuai dengan surat yang diterima dan kami akan memulai melaksanakan seleksi,” ucapnya.

Hanya saja, dalam mencari anggota Capaskibraka yang nantinya akan bertugas pada buylan Agustus 2021 mendatang, karena keterbatsan anggaran yaitu sebesar Rp 198 juta, kemungkinan besar hanya mampu melakukan perekrutan Capaskibraka.

“Untuk latihan, seragam, asrama, reward kami yakin tidak mencukupi,” tuturnya.

Untuk itulah, dengan anggaran yang diyakini tidak akan mencukupi nantinya akan disampaikan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lebong, agar nantinya bisa diakomodir di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Lebong tahun 2021.

“Kami saat ini memfokuskan terlebih dahulu untuk melakukan seleksi,” ucapnya.

Sementara Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Lebong, Doni Ardiansyah AMd mengatakan bahwa untuk pelaksanaan seleksi tahun ini berbeda dengan seleksi tahun-tahun sebelumnya. Dimana nantinya setiap sekolah mengirimkan paling banyak 4 pasang untuk mengikuti seleksi Capaskibraka tingkat Kabupaten Lebong.

“Nanti seleksi akan kita pusatkan di lapangan upacara Rumah Dinas Bupati Lebong,” jelasnya.

Untuk itulah, sebelum mengikuti seleksi tingkat Kabupaten, dirinya berharap kepada masing-masing sekolah untuk melakukan seleksi terlebih dahulu, agar mendapatkan calon-calon terbaik dari masing-masing sekolah.

“Nantinya memang calon yang terbaik dari hasil seleksi masing-masing sekolah,” tuturnya.

Dengan belum jelasnya masalah anggaran dalam melaksanakan rangkaian demi rangkaian mulai dari seleksi hingga nantinya pelaksanaan di hari H, Doni berharap kepada Pemkab Lebong untuk lebih memperhatikan kegiatan paskibraka ini. Hal ini dikarenakan kegiatan sendiri merupakan kegiatan tahunan yang tidak hanya dilakukan untuk tingkat Kabupaten atau Provinsi, namun untuk tingkat Nasional.

“Itu yang kita harapkan perhatian dari Pemkab Lebong,” harapnya. (614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*