Cangkang Sawit Dijadikan Abu

cangkang sawit
Foto : IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Mekar Jaya Kabupaten Mukomuko, melakukan penggelolaan dan pengembangan usaha cangkang sawit dijadikan tepung abu.

“BUMDes Mekar Jaya ini merupakan percontohan dalam pengolahan cangkang sawit menjadi tepung abu dan satu-satunya yang baru dilakukan BUMDes di daerah tersebut,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Usaha yang telah di jalankan BUMDes tersebut membuat salah satu pihak swasta tertarik dan membeli produk tersebut. Pasalnya, tepung abu itu sangat dibutuhkan bagi perusahaan sebagai campuran ban, bahan kimia dan bisa digunakan untuk pupuk.

“Menariknya, pihak swasta yang membeli produk itu adalah pihak swasta yang memberikan pelatihan kepada pengurus BUMDes yang bersangkutan,”bebernya.

Saroni mengharapkan, BUMDes lainnya yang tersebar di daerah itu agar mengikuti apa yang telah dilakukan BUMDes di Desa Mekar Jaya. Karena hal tersebut merupakan salah satu potensi yang sangat positif. Selain menambah ilmu pengetahuan, juga dapat mengembangkan BUMDes melalui berbagai usaha. Salah satunya yang dilakukan BUMDes Mekar Jaya. ”Pemkab Mukomuko sangat mendukung BUMDes melakukan berbagai usaha dan pengembangan. Dimana usaha yang dijalankan BUMDes bisa menggunakan Dana Desa (DD) meskipun jumlahnya masih sedikit,” katanya.



Saroni menambahkan, dalam waktu dekat ada salah satu pihak swasta dari Provinsi Jambi akan mengadakan pelatihan tentang cara membuat tepung abu dari cangkang sawit. “Ini salah stau peluang bagi masyarakat kita. Terutama dalam pengembangan cangkang sawit menjadi tepung abu,”ungkap Saroni.(900)