Camp PT BMQ di Benteng Dihancurkan


IST/BE
HANCURKAN : Eksavator milik kubu Dinmar saat menghancurkan camp di lahan pertambangan batubara kawasan Kecamatan Taba Penanjung, Sabtu (12/9) malam.

BENTENG, bengkuluekspress.com – Perebutan lahan tambang batubara di wilayah Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali memanas. Dua kubu yang mengaku sebagai pemilik lahan kembali bersiteru dan hendak menguasai aktivitas penambangan.
Terbaru PT Bara Mega Quantum (BMQ) kubu Nurul kembali mengirimkan sejumlah karyawan di lokasi tambang, Sabtu (12/9) sore. Hal ini sontak membuat kubu Dinmar memanas dan tak terima. Meski tak sampai bentrok, adu argumen antar kedua belah pihak sempat terjadi.

Menjalang malam hari, pihak Dinmar langsung mengerahkan alat berat untuk menghancurkan camp milik kontraktor yang akan ditempati oleh karyawan PT BMQ kubu Nurul. Menghindari terjadinya perkelahian, pihak Nurul akhirnya mengalah dan meninggalkan lokasi tambang.
“Kami sangat menyesalkan kenapa mereka menggunakan cara preman. Kami akan buat laporan kepolisian karena mereka telah masuk ke lokasi tambang kami tanpa izin, menghentikan aktivitas tambang dan menduduki camp tanpa izin kami. Maka dari itulah kami hancurkan camp, hal itu dilakukan atas persetujuan kontraktor,” kata Kepala Teknis Tambang (KTT) PT BMQ Kubu Dinmar, I Made Dermawan.(135)