Camat Merigi Kelindang Jangan Asal Berikan SP ke Desa

 

BENTENG, bengkulu ekspress.com  Ketua PAPDESI Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Sutan Mukhlis SH menyayangkan sikap Camat Merigi Kelindang, Zaidin B yang telah mengeluarkan surat peringatan 1 (SP 1) kepada Kepala Desa (Kades) Lubuk Unen Baru, Wirahadi SSos, lantaran telah memberhentikan 6 orang perangkat desa.

Menurut Sutan, pemberian SP haruslah melalui mekanisme yang benar. Pemerintah bersama pihak terlibat harus mengetahui terlebih dahulu duduk permasalahan sebenarnya.

“Camat jangan bertindak sepihak, itu namanya tidak bijaksana,” kata Sutan.

Menyikapi hal ini, Sutan berharap, agar permasalahan ini bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Pemda Benteng bisa menfasilitasi pertemuan lintas sektor. Baik itu PAPDESI, kades dan perangkat desa.
Jika memang rekrutmen perangkat desa cacat hukum, jelas Sutan, merupakan hal yang wajar jika Kades mencabut SK pengangkatan perangkat desa yang bermasalah. Sebalinya, jika memang Kades yang terbukti bersalah, barulah Pemda boleh memberikan peringatan, teguran ataupun sanksi.

“Mari kita duduk bersama untuk melihat duduk permasalahannya. Kita telusuri dulu kronologis pemecatan perangkat desa. Sehingga, Pemda Benteng dapat mengeluarkan keputusan yang sesuai dengan fakta,” demikian Sutan.(135)