Camat Diminta Tanggung Jawab

ERICK/Bengkulu EkspressRAPAT : Sekda Lebong ketika melaksanakan rapat persiapan HUT RI ke-74.

Pemasangan Bendera di Rumah Warga

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Mendapati rumah tidak memasang bendera merah putih dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-74, Camat harus bertanggung jawab. Beberapa OPD menyampaikan bahwa saat ini tingkat partisipasi masyarakat dalam memeriahkan HUT RI setiap tahunnya semakin menurun. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ir Eddy Ramlan MSi.

Ia mengatakan, seperti tahun 2018 yang lalu banyak melihat masih sangat banyak rumah masyarakat yang tidak memasang bendera.“Seharusnya hal tersebut tidak terjadi, hanya memasang bendera merah putih masih ada masyarakat yang tidak mau,” jelasnya, kemarin (17/07).

Menyikapi hal tersebut, Sekda Lebong, H Mustarani Abidin Sh MSi mengatakan, bahwa pemasangan bendera sifatnya wajib bagi seluruh masyarakat. Untuk itulah, mulai tahun 2019 ini pihaknya akan mencoba untuk mendata rumah-rumah warga yang memasang atau tidak memasang bendera.“Kita akan turun langsung ke lapangan,” sampainya.

Untuk itulah, dirinya memerintahkan, pihak kecamatan membuat surat edaran dan disampaikan kepada kepala desa dan lurah untuk diberikan kepada warganya untuk memasang bendera merah putih paling lama tanggal 05 Agustus.
“Silahkan kumpulkan seluruh kades dan Lurah untuk menyampaikannya,” ujarnya.

Jika nantinya telah disampaikan kepada masyarakat mewajibkan pemasangan bendera, namun ternyata masih ada rumah yang tidak memasang bendera dengan alasan tidak memiliki bendera. Maka hal tersebut menjadi tanggung jawab dari pihak kecamatan.“Camat harus mempersiapkan bendera dan pasang di rumah warga yang tidak memiliki bendera,” tegasnya.

Ditambahkan Camat Lebong Selatan, Yasir Hadi Broto mengatakan, bahwa pihaknya selama ini setiap memperingati HUT RI terus menyampaikan kepada warga untuk memasang bendera. Bahkan jika ada masyarakat yang tidak memiliki bendera, pihaknya secara langsung meminjamkan bendera kepada masyarakat. “Kami selalu menyiapkan bendera agar semua warga memasang bendera,” singkat Yasir.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*