Calon Pelajar Mundur

kelas-akselerasiMUKOMUKO,BE – Satu dari 22 orang pelajar calon kelas akselerasi di SMPN 03 Mukomuko mengundurkan diri. Beberapa hari lalu 21 calon pelajar itu tengah menunggu hasil tes IQ yang dilakukan pihak sekolah bekerjasama dengan Universitas Bengkulu (IUnib) bidang psikologi. “Jika pelajar itu dinyatakan lulus tes IQ selanjutnya dilakukan tes wawancara,” papar Kepsek SMPN 03 Mukomuko, Drs Abdul Haris dikonfirmasi, kemarin (9/6).\
Menjadi siswa kelas akselerasi bukan hal yang mudah. Pasalnya harus memenuhi persyaratan salah satunya IQ minimal 130. Jika pelajar itu dinilai mampu dan layak serta memiliki kemampuan dipastikan bakal lulus dan sebaliknya. Saat ini ada sebanyak 15 pelajar yang sebentar lagi lulus dan segera melanjutkan ke tingkat SLTA. Dia mengharapkan belasan murid kelas akselerasi yang hampir lulus itu supaya dapat melanjutkan di kelas yang sama ditingkat SLTA. “Kalau usulan supaya SLTA juga harus ada kelas akselerasi sudah sering disampaikan ke Dispendikbud namun belum ada realisasi,” bebernya.
Dikhawatirkan jika tidak ada kelas akselerasi di tingkat SMA maka 15 muridnya yang akan lulus itu rugi. Seharusnya mereka tamat hanya menghabiskan waktu dua tahun, namun terpaksa harus ikut sekolah regular yang tamat tiga tahun. Dari belasan pelajar kelas akselerasi itu bervariasi ada yang orang tuanya mampu dan tidak mampu. “ Enak bagi pelajar yang orang tuanya mampu bisa menyekolahkan ke luar daerah yang punya kelas akselerasi. Sedangkan bagi yang tidak tetap masuk di sekolah reguler namun pelajar yang bersangkutan rugi dan harus tetap mengikuti aktifitas belajar dan mengajar selama tiga tahun,” demikian Abdul. (900)