Calon Kepala Perpustakaan Harus Kompeten

DITO/Bengkulu EkspressĀ Peserta Diklat CKPS foto bersama narasumber dan Ikatan Pustakawan Indonesia Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Bengkulu menggelar kegiatan Diklat CKPS (Calon Kepala Perpustakaan Sekolah) Angkatan Ke 2 se-Provinsi Bengkulu, Rabu (3/7).Diklat CKPS Tahap II ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Aktib, S.Sos yang mewakili Kepala Dinas yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Sekdis Perpustakaan ini mengharapkan kepada peserta Diklat CKPS Tahap II nantinya setelah selesai diklat mampu melahirkan ide-ide baru yang dapat membuat perubahan untuk meningkatkan minat. “Seorang calon kepala perpustakaan sekolah harus kompeten dan profesional di bidangnya.

Oleh karena itu, sebelum ditunjuk sebagai Kepala Perpustakaan Sekolah mereka terlebih dahulu juga harus mempunyai sertifikat Diklat. Selain itu , Kepala Perpustakaan Sekolah juga harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan di perpustakaan karena pada era sekarang ini kurang berminatnya mahasiswa dan siswa untuk membaca dan berkunjung keperpustakaan,” terang Aktib.

Ia menambahkan, sekarang kepala perpustakaan dituntut untuk mengeluarkan ide ide baru agar menarik minat siswa maupun mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan.”Buat trik yang bagus, tidak menutup kemungkinan adanya Kantin di perpustakaan yang nantinya siswa mau masuk perpustakaan sembari jajan dan membaca buku, disisi lain yang tidak kalah penting kebersihan jangan ada buku yang berdebu, tata letak buku dan cara menyusun buku yang baik menjadi salah satu daya tarik siswa,” paparnya

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IPI Bengkulu, Sutriono, MPdI mengharapkan setelah kegiatan Diklat ini peserta dapat menerapkan ilmu yang di dapat dalam pelatihan untuk kemajuan Perpustakaan sekolahnya masing-masing.Selain itu bila ada kendala dalam tugas dapat berkonsultasi lagi dengan PD IPI karena akan dengan senang hati dalam memberikan bimbingan kepada Kepala Perpustakaan Sekolah.

“Semoga ilmu yang di berikan narasumber baik dari nasional maupun daerah dapat di serap dengan baik oleh peserta serta di terapkan di sekolahnya,” paparnya.

Untuk di ketahui, Kegiatan Diklat CKPS Tahap II diselenggarakan di LPMP Bengkulu dihadiri Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bengkuku Priode 2017- 2020, Sekretaris Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Perwakilan Dinas Pendidikan, pejabat eselon 3 dan di lingkungan Dinas Perpustakaan, Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi se-Bengkulu, serta peserta Diklat berjumlah 39 orang dan akan terus bertambah terdiri dari 22 tingkat SMA Sederajat dan 17 Tingkat SMP Sederajat. Setelah kegiatan ini Peserta CKPS ini nantinya akan memiliki Sertifikat CKPS dari lembaga kompeten pemerintah, pusat pendidikan dan pelatihan Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga resmi pelatih Diklat.(Cik5)