Calon Jemaah Haji, Lunasi BPIH

Foto : Kasi PHU Kemenag Bengkulu tengah, Dr Rusman Saleh MPd

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Seluruh calon jemaah haji (CJH) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). “Alhamdulillah, semua CJH asal Kabupaten Bengkulu tengah (92 orang) sudah melunasi BPIH,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu tengah, H Sipuan SAg MM, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Dr Rusman Saleh MPd, Senin (15/4).

Setelah melunasi BPIH, imbuh Rusman, semua CJH juga sudah mengikuti vaksin influenza yang dilaksanakan di Puskesmas Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi, Sabtu (13/4) lalu. Menurut Rusman, vaksinasi sangat penting bagi para CJH yang akan menunaikan ibadah cuci di tanah suci Makkah, Arab Saudi. Penyakit influenza dapat dicegah dengan efektif melalui pemberian vaksin.  Untuk diketahui, saat ini terdapat vaksin influenza quadrivalent yang terdiri atas dua strain influenza A yang meliputi H1N1 dan H3N2 dan stain influenza B yang meliputi victoria dan yamagata.



“Vaksin influenza disarankan untuk CJH untuk melindungi diri dari resiko terinveksi virus influenza. Hal ini dianggap perlu sebab penyakit flu yang berat bisa berlanjut menjadi penyakit saluran pernafasan berat (akut,red),” kata Rusman.

Selain vaksin influenza, CJH juga diwajibkan untuk mengikuti vaksi meningitis di 3 Puskesmas rujukan yang telah ditetapkan. “Untuk jadwal vaksinasi meningitis telah disepakati secara bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu tengah. Jika tak ada aral melintang, vaksin akan dilakukan pada tanggal 20, 22 dan 23 April 2019,” tutup Rusman.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*