Calo CPNS Mulai Gentayangan

cpnsTUBEI,BE – Pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Lebong tahun 2013 yang diperkirakan akan dilaksanakan April mendatang tampaknya mulai dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut menjadi calo untuk mengambil keuntungan dengan meminta imbalan kepada calon peserta CPNS dengan menjanjikan bisa memberikan jasa meluluskan menjadi pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong, HM Ali Hadi SH kepada wartawan mengatakan agar calon peserta tes CPNS tak mempercayai oknum yang mengaku dapat menentukan kelulusan itu. “Sejauh ini memang kita belum ada menerima laporan adanya korban dari calo CPNS. Namun kita menghibau kepada seluruh masyarakat jangan sampai ada yang menjadi korban oknum yang mengaku dapat meloloskan tes CPNS tersebut,” jelas Ali.

Dikatakan Ali, jika memang ada oknum yang mengaku dapat meluluskan peserta menjadi CPNS dengan meminta sejumlah uang, dirinya meminta agar masalah tersebut segera melaporkan ke Polisi atau langsung melapor ke BKD. “Kita tidak mau pelaksanaan CPNS ini dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seperti itu. Sebab, dalam pelaksanaannya, tes nanti akan kita laksanakan dengan transparan,” kata Ali.

Selain itu, salah satu Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Dinas Kesehatan (dinkes) Lebong yang enggan menyebutkan namanya, mengaku dalam beberapa hari lalu ia pernah ditawari oleh oknum tertentu, bisa lulus menjadi PNS dengan syarat menyetorkan sejumlah uang. “Ya kemarin ada yang mengaku sanak (saudara,red) bupati. Katanya dia dapat meluluskan saya menjadi PNS dengan menyerahkan uang Rp 100 juta kepadanya. Daripada untuk nyogok PNS lebih baik uang sebanyak itu saya gunakan buat usaha,” ucapnya.(777)