Callejon 2 Gol, Madrid Bantai Ajax 4-1

Real Madrid mengalahkan Ajax Amsterdam 4-1 dalammatchday keenam Grup D Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Selasa atau Rabu (5/12) dini hari WIB. Jose Callejon mencetak sepasang gol dan sisanya ditorehkan Kaka dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan tim tamu memperkecil skor lewat Derk Boerrigter.

Meski bermain dengan tim lapis kedua, Madrid tetap mampu menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-13, tim asuhan Jose Mourinho itu sudah unggul berkat gol Ronaldo. Pemain asal Portugal itu mencetak gol dengan mudah usai menerima umpan silang Karim Benzema.

Ajax yang berusaha keluar dari tekanan justru kembali kebobolan setelah Callejon berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-27. Menerima umpan panjang Luka Modric, ia melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang tanpa mampu dihalau Vermeer.

Memasuki menit-menit akhir, kombinasi Benzema di sisi kanan dan Modric dari tengah lapangan berkali-kali mampu menciptakan peluang berbahaya. Namun, sejumlah peluang itu gagal dikonversikan menjadi gol hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Madrid kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat gol Kaka. Berawal dari aksinya di depan kotak penalti, pemain asal Brasil itu melepaskan tembakan akurat yang masuk ke pojok kanan gawang Zenit.

Pada menit ke-60, Ajax memangkas skor menjadi 1-3 lewat gol Boerrigter. Memanfaatkan bola tepisan kiper Antonio Adan, dengan mudah pemain berusia 26 tahun itu menembak bola ke arah gawang yang sudah kosong ditinggal penjaga gawang.

Meski kecolongan, Madrid tidak menurunkan intensitas serangan. Bahkan, “Los Galacticos” kembali mampu memperlebar jarak setelah Callejon mencetak gol keduanya pada menit ke-88. Skor 4-1 untuk Madrid pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dengan hasil ini, Madrid melaju ke babak selanjutnya setelah menduduki peringkat kedua klasemen akhir Grup D dengan poin 11, tertinggal tiga angka dari Borussia Dortmund di puncak. Sementara Ajax berada di posisi ketiga dengan poin empat.(**)