Butuh Sirine Peringatan

foto:ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Mukomuko, H Nurngubaidi melalui Kepala Pusdalop, Hitatun menyampaikan, Kabupaten Mukomuko khususnya di sepanjang wilayah pesisir pantai penting dipasang sirine peringatan gempa dan tsunami.

“Pengusulan anggaran di APBD belum disetujui, tetapi tetap kita usulkan kembali di APBD tahun 2019 mendatang,”katanya.

Menurutnya, sirine itu nanti akan dipasang di sejumlah lokasi dan tempat-tempat atau bangunan yang tinggi. Pasalnya, satu unit sirine radiusnya mencapai 3 kilometer. Adapun rencana usulan untuk di wilayah Kecamatan Ipuh 2,Sungai Rumbai 2,Teramang Jaya 1, Air Dikit 1 dan Kota Mukomuko 2 unit sirine.



“Untuk pengadaan sirinenya kabupaten. Sedangkan untuk teknis dalam pengoperasian, seperti untuk membunyikan sirine itu adalah kewenangan pihak BMKG. Yang jelas jika usulan disetujui, kita akan kembali melakukan koordinasi dengan pihak BMKG,”katanya.

Ia juga menyampaikan, pembelian sirine itu dinilai lebih efektif. Pihaknya juga telah melihat langsung sirine tersebut yang ada di Provinsi Sumatera Barat.”Sirine itu lebih efektif dan bertenaga surya. Tidak membutuhkan anggaran besar untuk perawatan. Sedangkan untuk pembelian sirine beserta perlengkapannya sekitar seratus juta lebih untuk satu unitnya,”ungkap Hitatun.(900)