Butuh Rp 3,1 M untuk Pilkades di 127 Desa di Bengkulu Selatan

Hamdan Syarbaini SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos mengatakan, pada tahun 2021 pihaknya akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Pilkades ini nanti tidak hanya diikuti 74 desa yang saat ini kepala desanya dijabat Pelaksana Tugas (Plt), namun ada juga desa lain yang ikut melaksanakan Pilkades serentak. Dengan begitu pihaknya membutuhkan dana yang besar untuk melaksanakan Pilkades serentak tersebut.

“Desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 127 desa, jadi dana yang kami butukan sebesar Rp 3,1 miliar,” katanya.

Dikatakan Hamdan, desa yang masa jabatan Kadesnya berakhir di tahun 2021 sebanyak 53 desa, sehingga desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 127 desa. Dari total dana tersebut, sambung Hamdan, pihaknya sudah merinci masing-masing desa membutuhkan dana untuk menyelenggarakan Pilkades sebesar Rp 25 juta.

“Dana Pilkades bukan ditanggung calon, namun ditanggung pemerintah,” ujarnya.

Dijelaskan Hamdan, kebutuhan dana tersebut sudah diusulkan pada RAPBD 2021, dirinya berharap agar bisa disetujui. Sehingga pihaknya dapat menggelar Pilkades serentak 2021 mendatang. Adapun perencanaan Pilkades, sambung Hamdan digelar pada April 2021.

”Rencana kita Pilkades digelar April, sedangkan tahapan dimulai Maret,” bebernya.

Hamdan mendambahkan, dari 142 desa se-BS, dengan adanya 127 desa yang menggelar Pilkades 2021, maka sisanya ada 15 desa lagi yang belum menggelar Pilkades. Pasalnya jabatan kepala desa di 15 desa ini berakhir pada tahun 2023 mendatang. Dengan demikian, Pilkades serentak untuk 15 desa tersebut akan digelar tahun 2023 mendatang.

”Kita menggelar Pilkades serentak lagi pada tahun 2023 mendatang,” demikian Hamdan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*