Butuh Personel Pemangkas Pohon

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu bertanggung jawab merawat lebih kurang 8.000 batang pohon milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Jumlah tersebut tersebar di sejumlah titik ruang terbuka hijau dan jalan protokol di Kota Bengkulu.

Untuk merawat pohon tersebut, seperti melakukan pemangkasan sekaligus membersihkan sampah pohon, sejauh ini DLH hanya memiliki 8 orang petugas. Jumlah personel tersebut dirasa tidak seimbang, terlebih lagi jika musim badai kerap menumbangkan pohon.

Hal tersebut disampaikan Kepala DLH Kota Bengkulu, Syarnubi melalui Kabid Tata Lingkungan, Irwansyah. Pemangkasan pohon atau mengurangi beban ranting pada pohon bertujuan agar pohon bertahan lama. Tidak mencelakai pengguna jalan jika ranting tumbang akibat angin kencang. Pemangkasan juga berguna agar tumbuh tunas baru pada pohon. Setiap perawatan, petugas diarahkan agar tidak menebang pohon, kecuali terpaksa.

“Butuh puluhan tahun kalau kita menanam dari bibit, kita utamakan pemangkasan tanpa menebang,” imbuhnya.

Delapan orang petugas tersebut terdiri dari dua sopir, dan operator gergaji mesin. Selain memangkas, mereka juga bertanggung jawab membersihkan sampah pohon yang dipangkas. DLH Kota Bengkulu berencana menambah jumlah pohon dengan mendatangkan bibit. Lokasi penanaman pohon masih dibahas, begitu juga jumlah bibit pohon yang akan ditanam. Yang pasti tujuan memperbanyak pohon adalah memperbanyak ruang terbuka hijau di Kota Bengkulu.(167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*