Butuh Mobil Pemadam bahaya kebakaran (PBK) Setiap Kecamatan

Mobil PBK pemadam kebakaran
foto;ist

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Utara (BU) menekankan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara menganggarkan kebutuhan mobil Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) di setiap kecamatan. Pasalnya, setiap terjadi kebakaran penanganannya terlalu lamban lantaran harus menunggu mobil PBK tiba dari kecamatan lain.

‘’Sudah seharusnya wilayah Kecamatan Padang Jaya, Putri Hijau dan beberapa wilayah kecamatan lainnya mempunyai mobil pemadam kebakaran,’’ ujar Wahyudi dari Fraksi Nasdem.

Menurutnya, berbagai kejadian kebakaran di wilayah BU yang belum memiliki mobil PBK selalu lambat ditangani. Hal ini lantaran harus menunggu mobil PBK dari kecamatan terdekat yang jaraknya cukup jauh.

‘’Misalnya kejadian kebakaran rumah di wilayah Padang Jaya beberapa waktu lalu, walau petugas damkar cepat merespon informasi kebakaran dari masyarakat, namun mobil PBK harus menunggu dari Kecamatan Kota Arga Makmur, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk sampai di Padang Jaya,’’ ungkapnya.

Ia juga menekankan agar Kantor Satpol PP dan Damkar untuk dapat segera merespon kebutuhan mobil PBK dan mengusulkan anggarannya. Karena, keberadaan mobil PBK di setiap kecamatan menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

‘’Tolong keberadaan Damkar ini diperhatikan pemerintah daerah. Mulai dari, petugas yang cukup dan siap bertugas serta perlengkapan peralatan juga harus diperhatikan,’’ terangnya.

Ia menyebutkan mobil PBK serta peralatan Damkar lainnya harus dirawat dan dijaga secara maksimal. Jangan sampai peralatan yang telah dibeli dengan harga yang cukup mahal rusak sia-sia, lantaran tak pernah dirawat.

‘’Anggaran untuk peralatan kebakaran ini juga harus diperhatikan. Jangan sampai anggaran itu malah diselewengkan dan tidak digunakan sesuai peruntukannya,’’ pungkasnya.(816)