Butuh Dukungan Semua Pihak

3MUKOMUKO, BE – Melakukan penggelolaan potensi wisata tidak hanya bisa dilakukan bidang pariwisata saja. Melainkan butuh peran dan dukungan semua pihak terutama SKPD-SKPD terkait. Mulai dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas PU, DP3K  dan lainnya  harus dapat saling mendukung dan saling mengisi.

Demikian Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mukomuko, Jaskani SPd melalui Kabid Pariwisata Juni Kurniadiana Amd.  Menurutnya SKPD tersebut memiliki peran yang penting dan saling keterkaitan untuk memajukan wisata daerah. “Jika SKPD lainnya tidak mendukung bagaimana potensi wisata yang ada dapat dikembangkan  dengan baik,” katanya.

Ada 11 lokasi wisata yang sudah di SK kan bupati. Diantaranya wisata danau, air terjun, bendungan dan potensi wisata lainnya. Potensi wisata yang ada saat ini belum dikelola dengan optimal sehingga  minat para wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut masih sangat kurang. ” Bagaimana kita bisa mendatangkan para wisatawan jika potensi wisata yang ada belum dikelola dengan baik. Seperti belum adanya pembangunan jalan menuju wisata dan lainnya,” bebernya.

Jika potensi wisata dikelola dengan baik akan memberikan dampak yang jelas bagi daerah dan masyarakat. Tahun ini anggaran pengembangan lokasi wisata yang bersumber dari APBD baru sebatas  untuk promosi dan perencanaan wisata. “Tidak hanya sebatas penambahan PAD yang didapatkan. Perekonomian masyarakat sekitar juga akan mengalami peningkatan,” pungkasnya.(900)