Butuh Armada Kebakaran

MEDI/Bengkulu Ekspress Wakil Walikota Dedy Wahyudi saat penyerahan simbolis pakaian pemadam kebakaran usai melaksanakan apel pagi, kemarin (12/6).

Wawali Bakal Datangi Gubernur

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Wakil Walikota, Dedy Wahyudi SE MM bakal mendatangi Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah untuk mendesak bantuan armada Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu.  Pasalnya, pengajuan bantuan ini sudah sering dibicarakan namun belum ada realisasi dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, sedangkan sarana dan prasarana PBK kota sangat minim sehingga bisa menimbulkan hambatan dalam kinerja PBK menyelamatkan aset-aset daerah maupun pemukiman warga saat terjadi kebakaran.

“Kami minta Pak Gubernur agar juga membantu pengadaan armada di Kota Bengkulu. Menurut saya, sudah sepantasnya APBD provinsi juga membantu mobil dinas kebakaran ini,” kata Dedy usai mengikuti apel gabungan dan halal bihalal di halaman kantor PBK Kota Bengkulu, kemarin (12/6).

Ia menegaskan, bencana kebakaran ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk gedung kantor Gubernur, kantor DPRD Provinsi, BUMD, dan lainnya sehingga secara otomatis armada PBK menjadi garda terdepan melakukan penyelamatan dan pemadaman. Sementara APBD kota belum mampu memenuhi kebutuhan PBK ini menjadi lebih memadai dikarenakan peralatannya memiliki nilai yang cukup mahal.



Sedangkan, APBD provinsi seperti yang diketahui banyak terjadi silpa karena tidak mampu menggunakannya secara baik, sehingga sudah selayaknya dimanfaatkan untuk memperkuat armada PBK tersebut.  “Kami mengajak sama-sama memperhatikan jangan sampai nunggu terjadi kebakaran dulu baru ingat bahwa kesejahteraan dan peralatan PBK ini belum maksimal. Dan saya tegaskan ini sangatlah penting,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala PBK Kota, Saipul Apandi mengungkapkan saat ini terdapat 204 personel dan sebanyak 14 armada, tetapi sudah cukup tua, sehingga butuh peremajaan. Namun, tahun ini melalui APBD kota sudah dianggarkan Rp 1,8 miliar untuk pengadaan armada baru.  Tak sekedar armada saja tetapi pihaknya juga membutuhkan penambahan peralatan seperti  semprot hydrant, nozzle spray, mask repirator, helmet dan lainnya.

“Hari ini mungkin sudah masuk ke daftar lelang (ULP) untuk pengadaan 1 unit armada. Tadi Pak Wali mengatakan mungkin Senin depan Pak Wawali mau datang ke Gubernur mau menyampaikan kebutuhan mobil dan peralatan lainnya,” ungkap Saipul. (805)