Bengkulu Tengah Butuh 10 Polhut Baru

TABA PENANJUNG, BE- Untuk menjaga keamanan hutan di kawasan Benteng, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan merekrut calon Polisi Hutan (Polhut). Kuotanya untuk 10 orang Polhut. Peserta tes yang lulus bertugas menjaga hutan dari aksi perambahan, yang mengakibatkan hutan terkikis.
Kabid Kehutanan H Edi Bakhtiar mengatakan perekrutan polhut berjumlah 10 orang. Terdiri dari tamatan SMA, Diploma III, dan SI.
“Kalau SMA gajinya standar APBD, DIII satu juta, SI satu juta setengah,” ujar Edi.
Terkait lulusan SI sebagai calon Polisi Hutan, Edi tidak bisa berkomentar lebih jauh. Namun jelas Edi mereka (SMA, DII dan SI) akan disamakan. Mereka kata Edi, meskipun dari tingkat pendidikan berbeda tetap sama-sama bertugas menjaga hutan. Namun demikian, menurut mantan sekretaris BPBD ini, polhut yang memiliki ijazah S1 punya nilai lebih dibanding pendidikannya di bawahnya. Dijelaskan Edi, Calon Polhut ini belum tentu diangkat menjadi CPNS. Mereka akan menjadi pegawai dinas.
Terkait kasus perambahan hutan di Bengkulu Tengah, jelas Edi cukup besar. Mengingat perambah itu masyarakat sekitar pendatang. Modus perambah hutan, berkebun selama mungkin. Bila mencapai waktunya, perlahan hutan diklaim jadi milik pribadi.
“Tugas mereka cukup berat, saat ini maupun nanti. Karena perambah hutan itu berkebun cukup lama,” ujarnya. (122)